Tidak Kuat Menanjak, Truk Pasir Hantam Bus AKAP di Palupuh

Bus AKAP yang rusak di bagian depan akibat dihantam truk pengangkut pasir di kawasan Palupuh, Kabupaten Agam
Bus AKAP yang rusak di bagian depan akibat dihantam truk pengangkut pasir di kawasan Palupuh, Kabupaten Agam (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

AGAM , KLIKPOSITIF -- Satu unit bus Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) menabrak sebuah truk saat melaju di sebuah tanjakan di kawasan Palupuah , Kabupaten Agam , Jumat 3 Agustus 2018 sekitar pukul 15:00 WIB.

Kecelakaan berawal ketika bus dengan merek dinding ALS tersebut melaju sejalan dengan sebuah truk pengangkut pasir dari arah Pasaman menuju Bukittinggi. Setiba di sebuah tanjakan Kelok Padang Hijau Jorong Batang Palupuah , Nagari Koto Rantang perjalanan kedua kendaraan itu tersendat.

baca juga: Mobil Damkar Agam Terguling di Bawan

Supir bus ALS, Anto saat ditemui KLIKPOSITIF mengatakan, ketika di lokasi kejadian, ada truk lain yang datang dari arah berlawanan dan memepet truk pasir yang ada di depannya.

"Saat dipepet, truk pasir yang ada di depan bus saya berhenti untuk menghindari kecelakaan . Namun sayangnya ketika akan maju lagi, truk itu tidak kuat nanjak dan menghantam bus kami," katanya pada KLIKPOSITIF .

baca juga: BKSDA Agam Imbau Masyarakat Tidak Beraktivitas di Sekitar Batang Masang Pada Januari-Juni, Ini Sebabnya

Anto mengaku, ia sudah berusaha untuk mundur agar truk pasir tersebut tidak menghantam bus yang ia kendarai. Hanya saja langkah itu tidak bisa ia lakukan karena banyaknya kendaraan lain di belakang bus.

"Kalau saya paksakan mundur, banyak kendaraan lain yang jadi korban," ucap dia. Kejadian ini membuat lalulintas di kawasan itu jadi tersendat,

baca juga: Evakuasi Bocah di Agam dari Mulut Buaya Libatkan Orang Pintar

Menurut pantauan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hanya saja bus yang mengangkut 20 orang penumpang itu rusak di bagian depan. Sedangkan truk pasir itu hanya rusak ringan di bagian belakang.

Hingga berita ini diturunkan, pihak kepolisian Bukittinggi masih berada di lokasi untuk melancarkan kembali akses lalulintas.

baca juga: Kunjungi IKKP Jabodetabek, Bupati Agam Ajak Perantau Ikut Bangun Daerah

[Hatta Rizal]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa