Kapal Wisata Kecelakaan di Mentawai, 17 Turis Asal Brazil Selamat

KM Alyssa
KM Alyssa (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kapal wisata dengan nama lambung KM Alyssa yang mengalami kecelakaan di perairan Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Jumat 3 Agustus 2018 siang mengangkut 17 orang turis asing asal Brazil.

Pengurus KM Alyssa, Bayu mengatakan sebanyak 17 orang turis tersebut rencananya akan berwisata selancar air di Mentawai selama beberapa hari kedepan.

baca juga: Guncangan Gempa Magnitudo 4,7 Tak Dirasakan Warga Mentawai

Baca Juga:  FLASH: Kapal Berpenumpang Kecelakaan di laut Mentawai

"Mereka berangkat dari pelabuhan Muaro Padang pada Kamis malam kemarin. Semuanya 17 orang," katanya pada KLIKPOSITIF .

baca juga: Dua Minibus "Adu Kambing" di Jalan Nasional Lengayang Pessel, Satu Korban Meninggal Dunia

Bayu menyebut, dalam kecelakaan tersebut semua turis dan ABK kapal dalam keadaan selamat dan saat ini sudah ditangani oleh tim SAR Mentawai di lokasi.

"Semuanya selamat, termasuk crew kapal yang berjumlah 6 orang. Saat ini sudah ditangani oleh tim SAR," sebut dia. Kendati demikian, Bayu mengaku saat ini pihaknya masih menghimpun informasi terkait penyebab dan kronologi kejadian.

baca juga: Izin Tinggal WNA di Lima Puluh Kota Diperpanjang Otomatis, Ini Alasannya

Baca Juga:  Kecelakaan Kapal di Mentawai Diduga karena Cuaca Buruk

"Untuk informasi resminya nanti tunggu keterangan pihak terkait saja, saat ini baru itu informasi yang bisa kami sampaikan," papar Bayu kemudian.

baca juga: JPP Desak Penegak Hukum Usut Tuntas Kasus Kekerasan Seksual di Mentawai

Sebelumnya diketahui, KM Alyssa diduga mengalami kecelakaan di perairan antara Katiet, Pulau Sipora dengan Kambang Pesisir Selatan sekitar pukul 11:30 WIB.

Saat kejadian, berdasarkan informasi yang diterima Ketua Asosiasi Kapal Surfing Sumatera Barat (AKSSB) Aim Zein, kondisi cuaca di lokasi itu sedang tidak bagus sehingga menghambat pelayaran.

Namun informasi tersebut perlu dikonfirmasi ulang dari pihak SAR yang saat ini belum bisa dihubungi karena masih melakukan tindakan evakuasi kapal serta penumpang yang ada di dalamnya.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa