Delegasi Ba Ria Vung Tau Vietnam Tiba di Padang, Apa Saja Agendanya?

Penyambutan delegasi Ba Ria Vung Tau Vietnam di BIM
Penyambutan delegasi Ba Ria Vung Tau Vietnam di BIM (Humas Pemko Padang)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Sejumlah rombongan delegasi dari Ba Ria Vung Tau , Vietnam tiba di Kota Padang , Sabtu (4/8/2018) kemarin.

Rombongan terdiri dari 12 orang yang dipimpin Wakil Komite Rakyat Ba Ria Vung Tau , Mr. Le Tuan Quoc itu langsung disambut hangat diwakili Asisten Pemerintahan Vidal Triza di Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Masing-masing anggota tamu kehormatan itu pun dikalungkan selendang batik ‘tanah liek’ khas Kota Padang sebagai tanda penghormatan atas kunjungan ke Kota Bingkuang.

baca juga: Seorang Wartawan dan Satu Rekannya Dikeroyok OTK di Kota Padang

Seperti diketahui, agenda utama kunjungan delegasi dari daerah negara anggota ASEAN tersebut yakni dalam rangka turut memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Padang ke-349 yang jatuh pada 7 Agustus. Selain itu sekaligus menjajaki kerja sama 'sister city' atau (kota kembar-red) yang telah terjalin antara Padang dan Ba Ria Vung Tau sebelumnya.

Direncanakan, delegasi Ba Ria Vung Tau berada di Kota Padang selama 4-8 Agustus. Cukup banyak agenda penting dan menarik lainnya yang akan dilakukan kedua belah pihak selama di Ibukota Provinsi Sumatera Barat tersebut.

baca juga: Pertama di Indonesia, Radio Classy FM Padang 'Siaran Langsung' dari Gerbong Kereta yang Sedang Berjalan

"Salah satunya adalah meresmikan Ba Ria Vung Tau Trade Center di lantai tiga Pasar Inpres III Blok III. Kegiatan ini dilakukan pada 7 Agustus tepat hari jadi Kota Padang ,” sebut Kepala Bagian Kerjasama Setdako Padang , Erwin M.

Erwin menyebutkan, selanjutnya agenda yang dilakukan yaitu menjajaki kerjasama di bidang pertanian dari kedua belah pihak.

baca juga: Atasi Learning Loss, Disdik Padang Berharap Kepada Guru

“Kita juga mengajak mereka untuk mengunjungi tempat pembibitan tanaman di Sungai Lareh dalam rangka saling berbagi ilmu dan teknologi di bidang pertanian,” ucapnya.

Kemudian terangnya lagi, untuk delegasi Ba Ria Vung Tau nantinya juga akan meninjau rencana lokasi penempatan ' Ba Ria Vung Tau Corner' sebagai tempat wahana promosi berbagai bidang yang dimiliki Ba Ria Vung Tau . Antara lain berkaitan 'tourism', pendidikan, kesehatan serta lainnya yang pada intinya menyangkut profil tentang potensi daerah tersebut.

baca juga: Video Bocah Silver yang Beraksi di Sekitar Pertokoan Pasar Raya Padang Viral di Medsos

"Sebagaimana hal yang sama, Insyaallah direncanakan nantinya di 2019 Kota Padang akan membuat Padang Trade Center di Kota Vung Tau serta Padang Corner di sana,” ungkapnya.

Lebih lanjut papar Kabag Kerjasama itu, kemudian kerjasama yang juga tidak kalah pentingnya yaitu menyasar bidang pariwisata dan kebudayaan. Hal ini dilihatkan atas ikut ambil bagiannya para musisi dari Ba Ria Vung Tau , Vietnam dalam ajang PIOMFest ( Padang Indian Ocean Music Festival). Sebagaimana festival ini menampilkan musik etnik antar negara-negara yang tergabung dalam IORA (Indian Ocean Rim Association).

"Alhamdulillah, para musisi dari Ba Ria Vung Tau ikut tampil dan meramaikan festival ini. Jadi beberapa agenda yang dilakukan ini merupakan bentuk implementasi kerjasama yang terjalin antara Padang dan Ba Ria Vung Tau lewat Memorandum of Understanding (MoU) yang telah dituangkan. Kita tentu berharap, semuanya dapat berjalan dengan baik dan lancar,” tandasnya. (rel.*)

Penulis: Iwan R