Masih Pro Kontra, Dinkes Padang Tetap Jalankan Imunisasi MR

ilustrasi imunisasi
ilustrasi imunisasi (internet)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Meski pemberian imunisasi Measles Rubella (MR) masih pro dan kontra, Pemko Padang tetap melakukan pemberian imunisasi tersebut.

"Sampai saat ini, tidak ada instruksi Kemenkes untuk menunda. Jadi di Padang kita masih tetap melakukan imunisasi ," ungkap Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Padang, dr Melinda kepada KLIKPOSITIF , Senin 6 Juli 2018.

baca juga: Dinkes Padang Minta Warga Tes Covid-19 di Faskes Resmi, Ini Alasannya

Hingga kini, katanya, pemberian imunisasi sudah diberikan pada lebih dari 100 sekolah di Kota Padang. Sasaran utama adalah untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Untuk data pasti semuanya nanti ya. Untuk sekolah, sudah lebih dari 100 sekolah. Untuk sekolah hingga tanggal 31 Agustus lalu Bulan September dan sasarannya untuk balita di posyandu-posyandu," ucapnya.

baca juga: Dinkes Padang Buka Hotline Layanan Kesehatan

Menurutnya, pemberian imunisasi MR dinilai sangat penting. Karena, sejauh ini kasus campak murni yang ditemui di Kota Padang ataupun secara Nasional, hanya sekitar 30 persen saja, sisanya memang ditemukan kasus MR.

"Sebagian besar kasus campak, memang MR. Makanya kita tetap melaksanakan. Campak murni itu cuma 30 persen," ujarnya.

baca juga: Cuaca Tak Menentu, Dinkes Padang Imbau Masyarakat Kurangi Kegiatan di Luar Rumah

Untuk itu, dia mengimbau para orang tua untuk memberikan imunisasi tersebut pada buah hatinya. "Bahaya Rubella jauh lebih dahsyat dari pada campak biasa. Makanya penting," tutupnya.

[Cecep Jambak]

baca juga: Kadinkes Payakumbuh Bicara Pentingnya Imunisasi untuk Anak

Penulis: Agusmanto