Yuk Aktif Jaga Aset Kelistrikan!

Ilustrasi
Ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF  – Jaringan listrik PLN yang mendistribusi listrik dari gardu kepada pelanggan di Sumbar khususnya di daerah Kuranji beberapa hari yang lalu mengalami gangguan akibat adanya pencurian ground trafo yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Gangguan akibat pencurian ground trafo tersebut mengakibatkan terjadinya padam secara tiba-tiba di sejumlah rumah pelanggan di rayon Kuranji, Padang, Sumbar. Hal tersebut tentu menimbulkan ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan dan PLN sendiri.

Kejadian pencurian ground trafo ini sebenarnya bukan hal yang pertama kali di rayon Kuranji. Ini sudah menjadi kejadian kelima dalam kurun waktu enam bulan terakhir di rayon tersebut. Oknum yang mencuri tersebut sepertinya tidak menyadari dampak yang ditimbulkan akibat tindakan yang tidak terpuji tersebut.

baca juga: Ditargetkan Beroperasi Komersial pada November 2022, Konstruksi PLTS Terapung Terbesar di Asia Tenggara Dimulai

“Jaringan listrik PLN Rayon Kuranji telah beberapa kali mengalami gangguan, dan setelah kami selidiki kami menemukan adanya ground trafo yang dicuri. Mirisnya, ini telah lima kali terjadi disana. Bila terus terjadi tentu akan menjadi sangat mengganggu kenyamanan masyarakat karena terjadi padam,” ujar Deputy Manager Hukum dan Humas PLN Wilayah Sumbar, Remialis.

Remialis menambahkan bahwa maraknya kasus pencurian kabel ground trafo membuat pihak PLN , khususnya PLN Wilayah Sumbar, tidak segan untuk melaporkan hal tersebut kepada pihak berwajib dan akan segera mengganti lokasi kabel.

baca juga: Butuh Keandalan Stabilitas Suplai Listrik, Pelanggan Premium PLN UP3 Padang Bertambah Tiap Bulan

Meski terjadi gangguan, pihak PLN menuturkan bahwa pemulihan dilakukan segera oleh petugas lapangan sehingga tidak beberapa lama kemudian jaringan sudah kembali normal. PLN melakukan hal tersebut karena tidak ingin pelayanan terhadap masyarakat terganggu akibat adanya gangguan listrik .

Atas kejadian ini, PLN menghimbau kepada masyarakat untuk bekerja sama menjaga aset vital PLN , baik itu seperti kabel, trafo, hingga kwh meter yang terpasang di rumah pelanggan. PLN juga mengharapkan partisipasi dari seluruh masyarakat guna melaporkan jika menemukan tindak pencurian aset PLN maupun arus listrik di sekitar lingkungan.

baca juga: Pelanggan Premium PLN UP3 Padang Bertambah Tiap Bulan

Partisipasi yang bisa dilakukan masyarakat diantaranya cukup melaporkan kepada PLN apabila ada gangguan terhadap gardu PLN , maupun menemukan adanya tindak pencurian terhadap aset PLN . Laporan tersebut dapat dilakukan dengan menghubungi Contact Center PLN 123 atau dapat juga dengan menghubungi kantor PLN terdekat.

Editor: Khadijah