Curi 2 Ekor Kambing, Warga Padang Babak Belur Diamuk Massa

Polisi ámengamankan dua ekor kambing hasil curian di Mapolsek 2x11 Enam Lingkung
Polisi  mengamankan dua ekor kambing hasil curian di Mapolsek 2x11 Enam Lingkung (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF Warga Koto Tangah, Kota Padang bernama Indra, babak belur diamuk massa di kawasan Padang Laweh, Kabupaten Padang Pariaman karena kedapatan mencuri ternak milik warga di Jalan Raya Kantor Bupati Padang Pariaman , Parik Malintang, Senin, 6 Agustus 2018 sekitar pukul 17.20 WIB.

Beruntung aparat kepolisian dari Polsek 2x11 Enam Lingkung segera mengetahuinya, sehingga pelaku berusia 33 yang tinggal di Kampuang Pisang Batipuah Panjang, Kelurahan Anak Aie itu langsung diamankan petugas dari amukan massa.

baca juga: Diduga Hendak Pesta Sabu, Polisi Ringkus Tiga Orang di Padang Pariaman

Kapolres Padang Pariaman , AKBP Rizki Nugroho mengatakan, setelah diamankan, petugas kemudian menggiring pelaku ke Mapolsek untuk pemeriksaan lebih lanjut, termasuk mengamankan barang bukti berupa satu unit mobil Avanza warna hitam bernomor polisi B 1069 SKA, dan dua ekor kambing yang dicuri pelaku.

“Selain menahan pelaku dan mengamankan barang bukti, petugas juga menetapkan seorang rekan tersangka bernama Idil yang tinggal di Pasa Tapian Kasiak Lubuk Alung sebagai DPO, karena rekan tersangka itu berhasil lolos dari pengejaran massa,” katanya kepada KLIKPOSITIF .com, Senin malam.

baca juga: Warga Tandikek Ditemukan Meninggal di Sungai Batang Mangoi

Dijelaskan Rizki, kasus pencurian ternak itu berawal saat kedua pelaku melintas di Jalan Raya Kantor Bupati Padang Pariaman menggunakan mobil Avanza. Kemudian keduanya melihat ada dua ekor kambing milik warga yang berkeliaran di bibir jalan. Keduanya kemudian menangkap kambing tersebut dan menaikkan ke atas mobil.

“Saat kambing itu dinaikkan ke dalam mobil, tiba-tiba ada warga yang melihat. Pelaku langsung diteriaki maling . Mendengar ada yang berteriak maling , kedua pelaku langsung melarik diri dengan mobil ke arah Sicincin dengan membawa kambing hasil curian,” ujarnya.

baca juga: Sambut HUT RI ke 75, Polisi di Padang Pariaman Bagikan Bendera dan Masker untuk Warga

Melihat pelaku melarikan diri, lanjutnya, beberapa warga lalu mengejar pelaku dengan sepeda motor. Setiba di Simpang Sei Asam, pelaku kemudian membelokkan mobil dan berhenti setelah menabrak pinggir kanal yang ada di Simpang Sei Asam tersebut.

Kedua pelaku kemudian turun dari mobil dan langsung melarikan diri ke arah Ladang Laweh dengan cara berpencar. Belasan warga yang telah mengejar pelaku sejak dari lokasi pencurian, terus meneriaki kedua pelaku ‘maling’.

baca juga: Datangi Rumah Warga Miskin, Ini yang Dilakukan Polres di Padang Pariaman

“Mendengar teriakan tersebut, masyarakat Ladang Laweh kemudian ikut mengejar kedua pelaku. Dari pengejeran itu, satu pelaku atas nama Indra berhasil ditangkap dan langsung dihajar massa. Sedangkan satu pelaku lainnya berhasil melarikan diri,” bebernya.

Rizki juga menyebut dari introgasi yang dilakukan penyidik, tersangka Indra mengaku bahwa dia baru kali ini mencuri. Kendati begitu, penyidik tak langsung percaya, karena kuat dugaan bahwa tersangka juga terlibat melakukan pencurian di sejumlah tempat.

“Kasus ini masih kami kembangkan. Kepada penyidik, tersangka juga mengaku kalau dia nekat mencuri hewan ternak , karena butuh uang untuk memenuhi kebutuhannya, karena pelaku tidak punya pekerjaan tetap,” tutup Rizki.(*)

Penulis: Riki Suardi