Pemko Padang Intensifkan Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Dua pekan jelang Idul Adha atau Hari Raya Kurban, Pemko Padang intensifkan pemeriksaan kesehatan hewan korban.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Padang , Syaiful Bahri mengatakan, pemeriksaan telah dilakukan di 10 lokasi penjualan ternak di Kota Padang .

baca juga: Soal Pemberlakuan PPKM Darurat di Padang, Ini Kata DPRD

Pemeriksaan sendiri dilakukan dengan dua langkah, yakni secara fisik dan non fisik. Secara fisik, hewan dipastikan tidak mengalami cacat pada tubuh, seperti pada mata dan gigi.

"Pemeriksaan sedang dilakukan, sampai H-1. Ada secara fisik dan non fisik. Untuk fisik diperiksa mata, giginya apakah cacat atau tidak. Juga memastikan umur hewan tersebut apakah sudah cukup untuk syarat kurban," ungkap Syaiful, Senin 6 Agustus 2018.

baca juga: Bayar PBB, Pemko Padang Hapus Denda Keterlambatan

Untuk pemeriksaan non fisik, lanjut Syaiful, dilakukan dengan mencurigai hewan yang sakit pada dua jenis sapi. Untuk sapi biasa mencurigai penyakit mulut dan kuku (PMK), sedangkan khusus sapi Bali, dicurigai terjangkit virus Jembrana.

"Jika dicurigai akan diidentifikasi dengan uji sampel darah. Jika terbukti, maka hewan itu tidak boleh dipakai sama sekali. Hingga kini hasil pemeriksaan, belum ditemukan yang mencurigakan. Meski begitu, kita harus tetap waspada," tegasnya.

baca juga: Dinas Pertanian Padang: Jumlah Hewan Kurban Tahun Ini Meningkat

Dikatakannya di Padang , telah dilakukan pemeriksaan di 10 titik lokasi penjualan hewan, yang mana sekitar 2.500 hewan khusus sapi telah diperiksa.

"Untuk kebutuhan sekitar 6.500-an ekor. Yang lokal ada 2.000 ekor, yang penggemukan sekitar 4.500-an. Kekurangan-kekurangan nanti, panitia mesjid lah yang membeli di pasar-pasarn. Contohnya di Koto Baru dan di Muaro Paneh. Kalau toke-toke untuk mesjid ini, sapinya sudah ada di Padang ," pungkasnya.

baca juga: Periksa Ribuan Hewan Kurban, Dinas Pertanian Temukan 10 Ekor Sapi di Padang Bermasalah

[Cecep Jambak]

Penulis: Iwan R