Penetapan Idul Adha, Indonesia Tunggu Pengumuman Arab Saudi

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (setkab.go.id)

KLIKPOSITIF -- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, pemerintah Indonesia masih menunggu pengumuman dari Kerajaan Arab Saudi mengenai penetapan waktu wukufdalam ibadah haji 1439 Hijriah/2018.

“Sementara di Indonesia sendiri sidang isbat kapan menentukan satu dzulhijah itu akan dilakukan pada hati Sabtu (11/8) pekan ini, sehingga bisa dipastikan kapan  Idul Adha dirayakan,” kata Lukman Hakim di Mercure Hotel, Ancol, Jakarta Utara, Selasa (7/8/2018), yang dikutip dari laman suara.com, media jaringan KLIKPOSITIF .com.

baca juga: Tak Menggembirakan, Hewan Kurban di Payakumbuh Menurun, Persentase Betina yang Disembelih Meningkat

Mengenai kondisi jemaah calon haji Indonesia di Saudi kekinian, Lukman menuturkan saat wukuf nanti, suhu udara setempat bisa mencapai 50 derajat celcius.

”Jadi, soal suhu udara, tidak ada kendala yang berarti,” tukasnya.

baca juga: Perputaran Uang untuk Hewan Kurban di Agam Rp103 Miliar

Ia menjelaskan, tenda-tenda calon jemaah haji Indonesia di Arafah sebagai persiapan wukup juga sudah terbangun secara baik.

Lukman memastikan, semua tenda untuk wukuf tersebut layak dipakai, karena sudah direhabilitasi pada tahun 2017.

baca juga: Lebaran Haji, Pengiriman Rendang Meningkat Tajam di Bukittinggi

“Sekarang sudah baru, tiangnya sudah baja. Alhamdulillah. Hanya memang, di Mina itu kita berharap tidak ada lagi pengalaman seperti tahun lalu yang sangat padat. Karena kondisi mina memang berbeda, spacenya itu memang sangat terbatas,” katanya. (*)

Penulis: Iwan R