Ratusan Prajurit TNI Bantu Masyarakat di Padang

Bakti TNI terhadap masyarakat di Padang
Bakti TNI terhadap masyarakat di Padang (Ist)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Ratusan prajurit Tentara Nasional Indonesia ( TNI ) dari Batalyon 133/Yudha Sakti dikerahkan untuk membantu masyarakat di tiga lokasi di Kota Padang untuk membenahi sarana umum pada Minggu 11 Agustus 2018.

Komandan Batalyon 133/Yudha Sakti, Letkol Inf Endik HS mengatakan bahwa kegiatan gotong royong bersama maayarakat itu merupakan rangkaian dari kegiatan latihan UST tingkat pleton yang dilaksanakan sejak empat hari yang lalu.

baca juga: Libur Lebaran, Vaksinasi di Kota Padang Tersendat

"Ini merupakan rangkaian dari kegiatan latihan UST yang telah kami laksanakan sejak 8 Agustus 2018 lalu dan kami akhiri dengan karya bakti ini," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya membagi lokasi tersebut menjadi tiga tempat yaitu di daerah Gunung Sarik, Kecamatan Kuranji, daerah Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah dan di daerah Bukit Kasang, Kelurahan Sungai Bangek, Kecamatab Koto Tangah.

baca juga: Kadinkes Padang Prediksi Akan Ada Lonjakan Kasus Covid-19 Usai Libur Lebaran

"Kami membagi lokasi latihan sesuai dengan kompinya masing-masing di tiga tempat berbeda," lanjutnya.

Kegiatan bakti karya yang dilakukan oleh personel dari Batalyon 133 Yudha Sakti itu merupakan rangkaian kegiatan wajib yang dilakukan setelah melaksanakan latihan.

baca juga: Puskesmas Andalas Telah Vaksin Ribuan Warga, 347 Diantaranya Lansia

"Kami melaksanakan ini agar bisa membantu rakyat seperti membersihkan fasilitas umum," sambungnya.

Sebanyaj 300 orang personel TNI tersebut melaksanakan pembersihan jalan, pembersihan Masjid hingga melakukan pengecoran di sebuah Musholla yang sudah memiliki bahan.

baca juga: Kembali Dari Kampung, Warga Diimbau Lakukan Tes Swab

Ia mengatakan bahwa hal tersebut juga merupakan bentuk persiapan untuk keberangkatan ke daerah perbatasan Kalimantan Barat nantinya.

"Ini juga bentuk persiapan kami untuk nanti di Kalimantan Barat, agar apa yang diterapkan saat melaksanakan latohan, bisa diterapkan saat di lapangan nantinya," sambungnya.

Menurutnya, ia akan mengirim sebanyak 400 personelnya dalam pertahanan di perbatasan Kalimantan Barat nantinya.

"Yang kami turunkan untuk itu kurang lebih 80 persen dari kekuatan di Batalyon 133/Yudha Sakti dan kami akan berangkat nantinya sesuai dengan perintah dari Mabes," sambungnya. [Halbert Caniago]

Penulis: Eko Fajri