Sepekan Jelang Idul Adha, Permintaan Kambing Kurban masih Normal

Kambing kurban.
Kambing kurban. (KLIKPOSITIF/Muhammad Haikal)

SIJUNJUNG, KLIKPOSITIF -- Sepekan menjelang hari raya Idul Adha 1439 H/2018 M, permintaan akan kambing kurban masih normal. Hal tersebut dikatakan oleh Anto (43), salah seorang penjual kambing di sepanjang jalan lintas Sumatera, Nagari Palangki, Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung.

"Masih normal, belum ada peningkatan. Biasanya tiga hari menjelang hari raya baru permintaan meningkat," katanya.

baca juga: Tak Menggembirakan, Hewan Kurban di Payakumbuh Menurun, Persentase Betina yang Disembelih Meningkat

Dari harga, Anto memastikan belum ada kenaikan yang signifikan. "Harga per ekor masih seperti hari biasa, kambing jantan ukuran besar seharga Rp1,8 juta, sedangkan untuk ukuran kecil seharga Rp1 juta," lanjut pria yang sudah bergelut 10 tahun di usaha ini.

Anto melanjutkan, stok kambing yang dia jual didatangkan dari peternak tradisional yang ada di Kabupaten Sijunjung dan daerah tetangga. "Dibeli ke peternak tradisional, ada yang dari daerah sekitar Sijunjung, bahkan ada dari Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya," jelasnya.

baca juga: Perputaran Uang untuk Hewan Kurban di Agam Rp103 Miliar

Saat ini Anto memiliki belasan kambing kurban di kandang sekaligus lapaknya. Meski begitu Anto tidak begitu khawatir dengan stok kambing jika ada peningkatan permintaan. "Saya dengan tiga saudara jualan kambing semua dan saling berdekatan. Jika permintaan banyak, tinggal menghubungi saudara saya," tutupnya.

[Muhammad Haikal]

baca juga: Lebaran Haji, Pengiriman Rendang Meningkat Tajam di Bukittinggi

Penulis: Agusmanto