Kominfo Siapkan Jaringan Internet Kecepatan Tinggi Saat Pembukaan Asian Games

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

NASIONAL, KLIKPOSITIF -- Gelaran iven olahraga tingkat Benua Asia hanya sisa hitungan hari. Pemerintah pun telah mematangkan persiapan untuk pembukaan iven tersebut.

Persiapan yang dilakukan diantaranya yakni kesiapan venue serta sarana pendukung lainnya seperti layanan internet.

baca juga: Tetap Aman dari Kejahatan Siber, Ini Sejumlah Kiat dari Kominfo

Terkait dengan jaringan internet, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi ( Menkominfo ) mengaku bahwa kesediaan jaringan internet di lokasi pembukaan Asian Games telah terjamin.

Menkominfo Rudiantara mengatakan, penyediaan jaringan internet tersebut merupakan fokus kerjanya selama pesta olahraga tersebut berlangsung, tidak hanya saat pembukaan saja.

baca juga: Marak Tag Konten Porno Secara Massal di FB, Ini Saran Kominfo

"Fokus kami bukan cuma dalam pertandingan tapi juga di acara seperti keadalan jaringan internet dan telekomunikasi," kata pada Suara.com-jaringan KLIKPOSITIF .

Menurut dia, pihaknya telah menyiapkan jaringan wi-fi berkecepatan tinggi di area Stadion Gelora Bung Karno (GBK). Publik pun bisa dapat langsung menikmati layanan internet tanpa meregister.

baca juga: Menkominfo Minta Masyarakat Tak Sebar Konten Bom Bunuh Diri Makassar

"Kami sudah menyediakan bandwith sampai 10 GB perdetik dengan 400 akses poin di stadion utama GBK disiapkan kawan-kawan Telkom," jelas Rudiantara.

Selain itu, pihaknya juga menjamin keandalan teknologi informasi di mana para operator selular telah berikrar untuk menyiapkan jaringan yang baik guna mendukung kegiatan Asian Games 2018 .

baca juga: Ingat Jangan Sembarangan Unggah Sertifikat Vaksin Covid-19 di Medsos, Ini Alasannya

"Pertandingan Asian Games membutuhkan bandwith besar karena setiap hasil pertandingan secara berkala harus dilaporkan ke komite pusat," tambah dia.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga akan melakukan uji coba jaringan 5G dalam kendaraan tanpa sopir (otonom car) di Stadion GBK, Jakarta.

"Teknologi ini juga akan di pakai dalam cabang olahraga bulu tangkis dan basket. Sehingga, kita yang menonton akan secara detail melihat gerak lambat. Pokoknya nanti canggih deh," tutup Rudiantara.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa