5 Negara dengan Harga BBM Termurah di Dunia, Indonesia?

SPBU
SPBU (Klikpositif)

KLIKPOSITIFBahan bakar minyak atau  BBM  telah menjadi kebutuhan dasar masyarakat di seluruh pelosok dunia. Selain untuk bahan bakar kendaraan, adanya BBM ini juga bisa memudahkan berbagai kegiatan lain.

Sayangnya, suplai yang berbeda di tiap negara membuat harga bahan bakar pun bervariasi di berbagai wilayah di dunia. Setiap negara pun memiliki kebijakannya tersendiri dalam menentukan harga bahan bakar .

baca juga: Anggota Komisi VII DPR Ini Kesal Terkait Cadangan Minyak Nasional

Berikut 5 negara dengan harga BBM termurah menurut Global Petrol Prices :

1. Venezuela

baca juga: Pertamina Catat Konsumsi BBM Mulai Normal Kembali

Di negara bagian Amerika Selatan ini, satu liter bensin harganya kurang dari secangkir kopi. Harga bensin di Venezuela serharga 0,01 per dolar AS per liter atau Rp 144.

2. Iran

baca juga: Sambut Idul Adha, Pertamina Tambah Elpiji di Sumbar Ratusan Ribu Tabung

Di Iran, masyarakat bisa membeli bensin dengan harga murah, seharga Dh 1.04 atau Rp 4.000 per liternya.

3. Kuwait

baca juga: Uji Coba Berhasil, Pertamina Siap Produksi Green Diesel dari Minyak Kepala Sawit

Negara lainnya dengan harga BBM termurah di dunia adalah Kuwait. Masyarakat membeli bensin satu liter seharga Dh 1.28 atau Rp 5.000.

4. Arab Saudi

Pemerintah Arab Saudi menaikkan harga domestik hingga 80 persen di bulan Januari dan berencana untuk menghilangkan semua subsidi dari waktu ke waktu. Meski begitu, harga bahan bakarnya masih sangat murah hanya dengan 0,54 dolar AS per liter atau Rp 7.700.

5. Malaysia

Harga bensin di Malaysia turun sejak tiga bulan terakhir mencapai 4,8 persen lebih murah daripada di bulan Februari, harga per liter saat ini adalah 0,55 dolar AS atau Rp 7.900.

Sedangkan untuk Indonesia, dari data Global Petrol Prices per 19 Maret 2018 menunjukkan Indonesia berada di urutan ke-24 sebagai negara yang memiliki bensin paling murah yakni 0,65 dolar AS per liter atau sekitar Rp 8.900 per liter.

Walaupun, harga yang ditampilkan itu adalah bensin standar dengan oktan 95 atau RON 95, sedangkan harga yang dipaparkan untuk Indonesia adalah jenis RON 92.

Pada skala regional Asean, Indonesia menempati posisi ke-3 dengan harga bensin yang paling murah. Posisi pertama ditempati oleh Malaysia yang menjajakan bensin senilai 0,56 dolar AS per liter atau Rp 7.698 per liter.

Harga bensin di Malaysia itu setara dengan harga bensin RON 90 di Indonesia yakni, Pertalite yang seharga sekitar Rp 7.600 per liter. 

Sumber: suara.com

Penulis: Rezka Delpiera