Dalam Sebulan, Pelajar Dominasi Pelanggaran Lalu Lintas di Pasaman

Personil Satlantas Polres Pasaman saat melakukan olah TKP karena terjadi kecelakaan.
Personil Satlantas Polres Pasaman saat melakukan olah TKP karena terjadi kecelakaan. (KLIKPOSITIF/Man St Pambangun)

PASAMAN , KLIKPOSITIF -- Satuan Lalulintas Polres Pasaman mencatat lebih dari 500 pengendara yang ditilang dalam sebulan karena melanggar aturan lalulintas di wilayah hukum Pasaman . Dari jumlah itu mayoritas para pelajar yang melanggar aturan.

"Dari jumlah tersebut, kita belum merinci jumlah pelanggaran itu. Tapi yang jelas rata-rata tiap bulannya pelanggaran dan diberi tilang 500 hingga 600 pengendara ," kata Kasat Lantas Polres Pasaman , AKP Angga Putra Kristyadika kepada KLIKPOSITIF , Rabu 15 Agustus 2018.

baca juga: Sempat Dihantam Longsor, Ini Kondisi Terkini Jalan Lintas Bukittinggi-Medan

Dia menilai kesadaran masyarakat untuk tertib lalulintas di Pasaman masih rendah. Dalam satu hari itu kita melakukan tilang terhadap kendaraan roda dua dan empat 15 hingga 30 pengendara . Menurut Angga didampingi Kanit Turjawali, Ipda. Yenni Brando, pelanggaran mayoritas terjadi mulai dari siang hari hingga sore.

"Kalau di pagi hari mayoritas pengendara taat aturan. Saat ini, tindakan tilang di Pasaman telah memakai sistim online, dendanya langsung dibayar di bank," katanya.

baca juga: Dihantui Banjir, Warga Berharap Normalisasi Batang Sumpur dan Sontang

Selain itu, petugas juga memprioritaskan sembilan pelanggaran yang akan dikenakan sanksi yaitu, tidak menggunakan helm, menggunakan HP saat berkendara, berkendara dibawah umur, tidak memakai safety belt atau sabuk pengaman, melawan arus dan berboncengan lebih dari satu.

Kemudian, pelanggaran Alat Pemberi Isyarat Lalulintas (Apil) dan rambu–rambu lalu lintas seperti, menerobos lampu merah serta mabuk saat berkendara dan juga berkendara dalam kecepatan tinggi. Makanya, polisi mengimbau seluruh pengendara agar tertib berlalulintas untuk menghindari kecelakaan.

baca juga: Satlantas Polresta Padang Akan Gelar Operasi Zebra, Ini Jenis Pelanggaran yang Bakal Ditindak

"Jangan takut kepada polisi, tapi takutlah akan kecelakaan yang bisa mengakibatkan meninggal dunia," tutupnya.

[Man St Pambangun]

baca juga: Pengendara yang Tidak Pakai Masker di Tempat Ini Harus Tandatangani Perjanjian

Penulis: Agusmanto