Pemkab Pessel Awasi Kualitas Hewan Kurban Jelang Idul Adha

ilustrasi hewan kurban
ilustrasi hewan kurban (KLIKPOSITIF)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan ( Pemkab Pessel ) meningkatkan pengawasan terhadap kualitas sejumlah hewan kurban jelang hari raya Idul Adha tahun 2018 ini. Pengawasan tersebut dilakukan mulai dari pengendalian kesehatan hewan ternak sampai pada tahap penyembelihan.

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pesisir Selatan, Hazrita menyebutkan, untuk memastikan kondisi ini pihaknya sudah melakukan sosialisasi terhadap pihak yang mempunyai keterlibatan dalam pelaksanaan kurban.

baca juga: Semangat Berkurban Korpri Tanah Datar, Idul Adha Momentum Peduli Sesama di Tengah Pandemi

"Kita telah melakukan sosialisasi kepada pedagang dan pengurus kurban di seluruh kecamatan yang ada. Dalam hal ini, kita sudah menyampaikan tentang penanganan hewan kurban yang baik, dan sesuai dengan kaidah Islam," sebut Hazrita pada KLIKPOSITIF .

Dia menjelaskan, dalam perutukan hewan kurban di daerah ini, pihaknya juga sudah menyampaikan tentang pelarangan pemotongan hewan ternak betina produktif yang dinilai akan mengganggu tingkat populasi hewan ternak di daerah ini.

baca juga: Usai Sembelih Sapi Kurban Andre Rosiade di Mushalla Baitul Huda Kuranji, Jamaah Balanjuang Randang

"Sekaligus kita juga mengawasi aturan tentang pelarangan pemotongan ternak betina produktif, kecuali yang diizinkan karena kondisi tertentu," jelasnya.

Menurutnya, untuk memastikan kualitas hewan kurban tersebut, pihaknya juga melakukan pengendalian dan pemantau terhadap kesehatan hewan kurban yang akan dikosumsi masyarakat.

baca juga: Wawako Hadiri Pemotongan Hewan Qurban Indo Jalito Peduli

"Pengendalian ini sekaligus untuk menjamin keamanan konsumsi masyarakat yang bersumber dari hewani. Sebab, hieginis dan kesehatannya juga harus sesuai kaidah Islam," terangnya.

[Kiki Julnasri Priatama]

baca juga: Disdag Padang Akan Bagikan Daging Kurban yang Telah Dimasak kepada Masyarakat yang Karantina di Perumahan Nelayan

Penulis: Agusmanto