Pemkab Pessel Jamin Ketersediaan Hewan Kurban

Ilustrasi Hewan Kurban
Ilustrasi Hewan Kurban (KLIKPOSITIF)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan memastikan ketersedian hewan kurban untuk hari raya Idul Adha 2018.

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pesisir Selatan , Hazrita mengatakan, terjaminannya jumlah stok hewan kurban untuk daerah ini, tercatat dari tingkat populasi setiap tahunnya.

baca juga: Wagub Sumbar Apresiasi, RSUD DM. Zein Painan Mampu Produksi Oksigen Secara Mandiri

Hazrita menjelaskan, tingkat populasi hewan ternak di tahun 2017 tercatat mencapai 13 ribu ekor. "Kebutuhan kurban di Pessel tahun lalu, hanya diangka 8000 ekor, artinya kalau masih sama untuk tahun ini, stok untuk daerah kita aman. Dan sisanya bisa dijual ke luar Pessel ," terang Hazrita.

Kendati demikian, Hazrita belum bisa memperkirakan apakah jumlah kebutuhan hewan kurban tahun 2018 ini sama dengan tahun 2017. Sebab, untuk memastikan jumlah tersebut harus dipantau dari tingkat kebutuhan yang sudah terealisasi.

baca juga: Semangat Berkurban Korpri Tanah Datar, Idul Adha Momentum Peduli Sesama di Tengah Pandemi

"Untuk prediksi jumlah hewan kurban tahun ini untuk Pessel , belum dapat dipastikan. Karena kurban belum terlaksana, dan angka pasti baru akan diperoleh melalui petugas pemotongan yang telah ditunjuk, di setiap mesjid dan musala," terangnya.

Lanjutnya, untuk jenis hewan ternak kurban yang paling dominan di kosumsi di Pesisir Selatan setiap tahunnya, adalah jenis Sapi Pesisir dan Bali, dan untuk ketersediaan ini diklaim paling banyak di Pessel .

baca juga: Usai Sembelih Sapi Kurban Andre Rosiade di Mushalla Baitul Huda Kuranji, Jamaah Balanjuang Randang

"Stoknya tersedia di Ranah Pesisir, Lengayang, Sutera, Batangkapas, Bayang, dan Tarusan. Khusus untuk sapi Bbali tersedua cukup banyak di Lunang Silaut, dan pada kondisi ini kebutuhan pedagang tertampung, karena sudah dipersiapkan oleh peternak setiap tahunnya," pungkasnya.

[Kiki Julnasri]

baca juga: Wawako Hadiri Pemotongan Hewan Qurban Indo Jalito Peduli

Penulis: Rezka Delpiera