Ketua MPR Sampaikan Titipan Emak-emak pada Jokowi, Apa Itu?

Jokowi dan Jusuf Kalla melakukan sesi foto bersama petinggi MPR sebelum memasuki ruang sidang tahunan.
Jokowi dan Jusuf Kalla melakukan sesi foto bersama petinggi MPR sebelum memasuki ruang sidang tahunan. (Suara.com)

KLIKPOSITIF -- Majelis Permusyawaratan Rakyat ( MPR ) menggelar Sidang Tahunan di Gedung Nusantara , Kompleks Parlemen, Rabu (16/8/2018). Dalam Sidang Tahunan tersebut Ketua MPR Zulkifli Hasan memberikan pidato kepada seluruh undangan yang hadir.

Tema pidato Ketua MPR kali ini membahas perihal ekonomi nasional. Ia menyoroti perihal harga kebutuhan pokok yang terus merangkak naik dan membebani masyarakat kalangan bawah. Pada kesempatan itu, Zulkifli Hasan sempat memberi pesan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok masyarakat.

baca juga: Harga Emas Kembali Menguat, Rp 958 Ribu Per Gram

"Bapak Presiden, ini titipan emak-emak titipan rakyat Indonesia agar harga-harga terjangkau, agar kebutuhan sehari-hari," kata Zulkifli dalam pidatonya, dilansir dari Suara.com jaringan KLIKPOSITIF .com.

Selain itu, Zulkifli membahas tentang perlunya mengembangkan ekonomi kecil dan mikro melalui fasilitas kredit, fasilitas produksi dan pasar, termasuk bantuan pemasaran dan teknologi.

baca juga: Harga Minyak Dunia Menguat Seiring Persedian Stok Menipis

"Kesempatan berusaha dari kebijakan perluasan pembangunan infrastruktur harus didistribusikan secara luas ke daerah melalui usaha swasta besar, menengah, dan kecil," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, poin ketiga yang disampaikan Zulkifli adalah soal ketahanan negara dalam mencegah krisis ekonomi dini.

baca juga: Ternyata Tak Perlu Sertifikat Vaksin untuk Urus Dokumen Kependudukan

"Kita perlu melakukan pengetatan prediksi-prediksi perekonomian secara cermat, terukur dan akuntabel. Di antaranya mengenai nilai tukar rupiah dalam perekonomian global, penguatan-penguatan di sektor industri, pembatasan arus impor, serta peningkatan daya saing komoditas dan peningkatan daya ekspor kita," papar Ketua MPR Zulkifli Hasan. (*)

Penulis: Eko Fajri