Google Hapus Beberapa Blog dan Akun YouTube Terkait Iran

Ilustrasi
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Google mengidentifikasi dan menghentikan 39 saluran YouTube yang terkait dengan Penyiaran Negara Republik Islam Iran. Google juga telah menghapus 39 saluran YouTube dan enam blog di Blogger serta 13 akun Google +.

"Investigasi kami tentang topik ini sedang berlangsung dan kami akan terus berbagi temuan dengan penegak hukum dan entitas pemerintah terkait lainnya di AS dan tempat lain," kata Google dalam posting blog pada Kamis (23/8).

baca juga: Ubah Tampilan, Google Maps iOS Dapat Fitur Dark Mode

Pada hari Selasa (21/8), Facebook, Twitter, dan Alphabet ( Google ) secara kolektif menghapus ratusan akun terkait dugaan operasi propaganda Iran.

Google , yang telah melibatkan firma keamanan cyber FireEye Inc ( FEYE.O ) untuk menyediakan perusahaan dengan intelijen, mengatakan telah mendeteksi dan memblokir upaya yang dilakukan oleh beberapa aktor negara tersebut dalam beberapa bulan terakhir.

baca juga: IHSG Bergerak Positif Jelang Rilis Data Inflasi Juni 2021

FireEye mengatakan telah mencurigai "pengaruh operasi" yang tampaknya berasal dari Iran, yang ditujukan untuk penonton di Amerika Serikat, Inggris, Amerika Latin, dan Timur Tengah. Saham FireEye naik sebanyak 10 persen menjadi $ 16,38 setelah Google mengidentifikasi perusahaan itu sebagai konsultan.

Sumber: Reuters

baca juga: Ditanya Deddy Corbuzier Kemungkinan Maju di Pilpres 2024, Prabowo: Lu Ngomong Presiden Melulu

Penulis: Fitria Marlina