Dosen ISI Padangpanjang Dikerahkan Guna Garap Seremonial Porprov XV

Kunjungan perdana tim ISI Padangpanjang dalam persiapan Porprov ke XV Padang Pariaman
Kunjungan perdana tim ISI Padangpanjang dalam persiapan Porprov ke XV Padang Pariaman (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Para maestro seni Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang beroleh kesempatan untuk unjuk kemampuan dalam memeriahkan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar ke XV yang akan dilaksanakan di pada 16 sampai 25 November 2018. Keterlibatan tim ISI Padangpanjang berkaitan dengan seremonial pembukaan dan penutupan.

Juru bicara tim, Susandra Jaya mengatakan, keterlibatan ini dipayungi oleh Memorandum Of Understanding yang jauh hari pernah disepakati antara Pemkab Padang Pariaman dengan ISI Padangpanjang .

baca juga: Peduli Generasi Muda, Fadly Amran dan Dian Puspita Raih ABG Award 2020

“Kami sangat bersyukur dipercaya menjadi tim yang akan menangani pembukaan dan penutupan Porprov. Ketika diberi kabar pertama kali, saya langsung mengkoordinir sejumlah dosen yang berasal dari Padangpariaman untuk turut membantu, termasuk dosen senior yang kapasitasnya tidak kita ragukan lagi,” ungkapnya, Selasa 4 September 2018.

Tim yang terdiri dari Susandra Jaya SKar MSn, Dr Erlinda, Zulkifli SKar MSn, Sharul N Ss MHum, Hendriko Alamo SSn MSn, Muhammad Fadhli SSn MSn dan Dedi Darmadi SSn, kini telah sampai pada tahap realisasi konsep melalui latihan-latihan yang akan dilaksanakan secara intensif.

baca juga: Pemkab Solsel Jalin Kerjasama dengan ISI Padang Panjang

“Pada dasarnya garapan kita untuk pembukaan nanti berupaya untuk mengangkat segala kekayaan kesenian dan kebudayaan lokal Piaman. Jadi, nanti akan ada sebuah sendratari kolosal yang berangkat dari Epos Anggun Nan Tongga. Di dalamnya akan diselipkan berbagai bentuk tarian dan musik seperti indang dan tambua tasa,” katanya.

Untuk mendukung konsep besar ini, juga akan digarap tata artistic yang mencerminkan suasana perkampungan Piaman tempo dulu.

baca juga: Pemko Padang Panjang Siapkan Langkah Kerja Pembangunan Ekonomi Hadapi New Normal

Konseptor artistic, Dr Sahrul mengatakan, konsep perkampungan tersebut didukung dengan pembangunan pondok-pondok bambu, lapau-lapau bahkan kawasan pertanian.

“Semua tentu kita tata seefektif mungkin agar sesuai dengan pertunjukan inti Anggun Nan Tongga,” sebutnya.

baca juga: Pohon Tumbang, Jalan Terputus di Silaing Padang Panjang Akibatkan Macet

Suasana tradisional akan ditambah lagi dengan kehadiran sejumlah permainan anak nagari yang bertema olahraga tradisi.

Zulkfli SKar MSn mengatakan, permaian seperti gasiang, patok lele, dan lain sebagainya adalah bagian dari keramaian yang akan dihadirkan di luar lapangan stadion Sungai Sariak yang menjadi sentra penyelenggaraan acara.

“Jadi, ketika para tetamu datang melewati area depan stadion mereka akan langsung merasakan suasana perkampungan tempo dulu yang penuh dengan kekayaan olahraga tradisional berupa permainan anak nagari Piaman itu sendiri,” katanya.

Ade Novalia dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Padang Pariaman mengatakan, keterlibatan tim ISI Padangpanjang pada pembukaan dan penutupan sangat diharapkan untuk menghadirkan kesan kolosal dan penuh muatan lokalitas Piaman.

“Kita berharap apa yang sudah disiapkan oleh tim ISI Padangpanjang akan bermuara pada kesan mendalam yang akan dibawa pulang oleh para kontingen peserta dan masyarakat yang hadir,” sebutnya.

Sementara itu Rektor ISI Padangpanjang , Prof Novesar Jamarun berharap keterlibatan ISI Padangpanjang pada gelaran besar seperti Porprov ini akan menjadi ajang pembuktian bagi masyarakat dan pemerintah daerah di seluruh Sumatera Barat akan kapasitas dan kemampuan civitas akademika dari kampus biru.

“SDM yang kita kerahkan dalam menangani pembukaan dan penutupan Porprov ini sudah berpengalaman menangani berbagai acara sejenis. Jadi, kami sebagai pimpinan sangat yakin mereka akan memberi yang terbaik bagi Padang Pariaman,” katanya.

Rektor juga menyampaikan terimakasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Padang Pariaman, khususnya bupati Ali Mukhni karena telah mempercayakan iven penting ini kepada ISI Padangpanjang .

“Sebenarnya saat ini kita sudha menjalin kerjasama dengan hamper seluruh pemerintah daerah Kabupaten/Kota serta Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Berbagai agenda yang melibatkan ISI Padangpanjang Insyaallah akan digarap secara maksimal sekaligus sebagai ajang promosi bagi kampus kita,” sebutnya.

[Cecep Jambak]

Penulis: Khadijah