Topan Hebat di Jepang, 6 Orang Meninggal dan 160 Cedera

Ilustrasi
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF --  Jepang  telah dilanda topan terkuat dalam 25 tahun terakhir, menyebabkan setidaknya enam kematian dan 160 cedera.

Topan Jebi terjadi di wilayah barat, membawa hujan lebat dan laporan angin hingga 172km / jam (107mph).

baca juga: Kesiagaan Hadapi Bencana di Masa Pandemi COVID-19

Di Osaka Bay menyapu tanker ke jembatan dan di Kyoto, bagian atap stasiun kereta api roboh.

Para pejabat memerintahkan lebih dari satu juta orang di daerah-daerah yang terkena bencana evakuasi dari rumah mereka untuk menghindari gelombang tinggi, banjir dan tanah longsor.

baca juga: BPBD Sumbar Siapkan Skema Kesiapsiagaan Bencana Memasuki Musim Penghujan

Alliran listrik di puluhan ribu rumah terputus puluhan dan pihak berwenang mendesak masyarakat untuk pindah ke tempat yang aman.

Badai  itu berasal dari pulau Shikoku pada tengah hari Selasa waktu setempat dan kemudian pindah ke pulau Honshu, Jepang . Kemudian melemah da bergerak ke utara.

baca juga: Nissan Ganti Logo Perusahaan, Sederhana Tapi Elegan

Jebi adalah topan pertama yang digolongkan sebagai "sangat kuat" oleh badan cuaca negara itu yang berhembus di pulau-pulau utama Jepang sejak topan yang menyebabkan 48 orang tewas atau hilang pada 1993, dikutip BBC dari Kyodo.

Atas peristiwa ini ratusan penerbangan, kereta api dan feri harus dibatalkan. Banjir menutupi landasan pacu di Bandara Internasional Kansai di Osaka, Jepang yang dibangun di atas pulau buatan manusia di sebuah teluk.

baca juga: Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Titik di Pasaman Barat Dilanda Bencana

Bahkan, Universal Studios Jepang , taman hiburan di dekat Osaka, ditutup.

Perdana Menteri Shinzo Abe mengadakan pertemuan darurat dan menyerukan kepada masyarakat untuk mengambil tindakan dan berlindung, termasuk mempersiapkan dan melakukan evakuasi sejak dini.

Badan cuaca Jepang telah memperingatkan kemungkinan tanah longsor, banjir dan angin kencang, serta gelombang tinggi, kilat dan tornado di daerah yang terkena dampak.

Sumber: suara.com

Penulis: Rezka Delpiera