Kirim Bantuan, ACT Sumbar Kerahkan 'Kapal Kemanusiaan Lombok'

Kru ACT Sumbar sedang mengangkat bantuan yang akan dikirim ke Lombok
Kru ACT Sumbar sedang mengangkat bantuan yang akan dikirim ke Lombok (Dokumentasi ACT Sumbar)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pada Senin 10 September 2018 mendatang, Lembaga Kemanusian ACT (Aksi Cepat Tanggap) Sumatera Barat akan mengirimkan ' Kapal Kemanusiaan Lombok ' yang mengangkut bantuan logistik berupa rendang, bahan makanan, pakaian baru, pakaian layak pakai, perlengkapan sanitasi, selimut, serta kebutuhan pokok lainnya, yang telah dikumpulkan dari masyarakat Sumatera Barat.

" Kapal Kemanusiaan Lombok ini akan diberangkatkan melalui Pelabuhan Teluk Bayur," kata Aan Saputra, Tim Program ACT Sumbar melalui rilis yang diterima KLIKPOSITIF , Kamis 7 September 2018.

baca juga: Awasi 100 Kampanye Tatap Muka Bawaslu Solsel Ingatkan Paslon Patuhi Protokol Kesehatan

Dijelaskannya, sebelum dilepas di Pelabuhan Teluk Bayur, bantuan kemanusian ini akan diarak terlebih dahulu keliling Kota Padang pada Sabtu 8 September 2018 besok, yang dimulai dari Kantor ACT Sumatera Barat yang terletak di Jalan S. Parman.

Selanjutnya menuju Simpang DPRD berbelok menuju Jalan Khatib Sulaiman, terus ke Jalan Rasuna Said, Jalan Sudirman, Jalan H. Agus Salim, berbelok ke arah Sawahan, terus hingga Simpang Haru, Jalan Dr. Sutomo, Jalan Aru, Bypass Lubeg hingga sampai ke Pelabuhan Teluk Bayur.

baca juga: Peduli Usaha Mikro di Tengah Pandemi, Bank Nagari Berikan Pinjaman Tanpa Agunan

Sementara Kepala Cabang ACT Sumatera Barat Fadhli Septavianra, menyampaikan, satu bulan lebih lamanya setelah gempa bermagnitudo 7,0  mengguncang Lombok dan sekitarnya, kondisi Lombok hingga sekarang masih sangat memprihatinkan, karena masih banyak warga yang minim bantuan berupa kebutuhan pokok lainnya.

Tim ACT hingga saat ini terus mengupayakan bantuan demi bantuan agar masyarakat Lombok dapat hidup dengan layak sebagaimana mestinya. "Salah satunya membangun 1.000 unit hunian sementara (shelter) dan pengiriman bantuan logistik berupa kebutuhan pokok," katanya.

baca juga: Bawaslu Pasbar Kembali Teruskan Dua Kasus Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN

Fadhli menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh mitra ACT Sumatera Barat dan masyarakat Sumatera Barat atas rasa peduli terhadap korban gempa di Lombok.

"Insya Allah bantuan dari masyarakat Sumatera Barat ini akan kita layarkan hingga nanti sampai ke posko utama Aksi Cepat Tanggap (ACT) di Lombok," ujarnya.

baca juga: Tren Pelanggaran Perda AKB di Pariaman Meningkat

Ditambahkan Dana Kurnia selaku Marketing Komunikasi ACT Sumbar , ACT akan terus selalu berkomitmen agar kehidupan Masyarakat Lombok kembali menjadi lebih baik lagi.

"Harapan kami kepada rakyat Indonesia, marilah kita bersatu membantu Lombok agar Lombok menjadi kota yang sangat indah dan madani lagi," harapnya.

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Iwan R