Desa Kolok Nan Tuo Sawahlunto Gelar Festival Muharam

Kepala Desa Kolok Nan Tuo, Adek Rossy
Kepala Desa Kolok Nan Tuo, Adek Rossy (KLIKPOSITIF/Muhammad Haikal)

SAWAHLUNTO , KLIKPOSITIF -- Peringati Tahun Baru Islam 1440 Hijriah, Pemerintah Desa Kolok Nan Tuo, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto akan mengadakan Festival Muharam .

Pelaksanaan Festival Muharam tersebut berlangsung selama empat hari dari 9 hingga 12 September 2018 mendatang. Terdapat beberapa kegiatan dalam festival tersebut yakni kegiatan tausiyah, rebana, makan bajamba, dan lomba membaca Asmaul Husna, pawai obor, serta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ).

baca juga: Segmen Sianok Cukup Aktif, BMKG Ingatkan Potensi Gempa Kuat di Sumbar

Kepala Desa Kolok Nan Tuo, Adek Rossy mengatakan Festival Muharam ini merupakan kegiatan rutin di Desa Kolok Nan Tuo, yang sudah memasuki tahun ketiga.

Berbeda dengan dua tahun sebelumnya, festival tahun ini memberdayakan seluruh warga desa saja.

baca juga: Dorong Sektor Pariwisata Kolom Sawahlunto Gelar Sayembara Cerita Rakyat

"Untuk tahun ini kami tidak ada mendatangkan pelaku seni atau peserta dari pihak luar daerah. Seluruh peserta adalah warga dari lingkungan desa saja," katanya di Kantor Desa Kolok Nan Tuo, Jumat 7 September 2018.

"Pada malam puncaknya akan menampilkan pawai obor dari lima dusun beserta marching band serta berbagai tarian ciri khas Minang," sambungnya.

baca juga: Sektor-sektor yang Akan Diaktifkan di New Normal Sawahlunto

Koordinator Festival Muharam , Vinda menambahkan kegiatan kali ini juga merupakan ajang unjuk kemampuan dari anak Desa Kolok Nan Tuo.

"Tak kalah menarik, penampilan atraksi tambua dan tasa pada hari ketiga adalah dari anak desa dan yang menjadi pelatih adalah seorang artis Minang sekaligus pencipta lagu minang, Imran Boer," ujarnya.

baca juga: Sawahlunto Bersiap Terapkan New Normal

[Muhammad Haikal]

Penulis: Iwan R