Awas, Jalur Sicincin-Malalak Masih Berpotensi Longsor

Jalan Malalak yang rawan longsor
Jalan Malalak yang rawan longsor (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

AGAM , KLIKPOSITIF -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam menyebut, masih ada potensi longsor susulan di jalur Sicincin- Malalak -Balingka pasca longsor Minggu 16 September 2018 kemarin.

Daerah yang paling diwaspadai, yakni di Jorong Limo Badak, Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak , sebab tebing-tebing di kawasan ini terbilang curam dan mudah runtuh.

baca juga: BKSDA Evakuasi Seekor Trenggiling di Gaduik Agam

Pada 2017 silam, jalur ini nyaris makan korban setelah satu pengendara yang melintas di bawah tebing terpapar longsor dan mengakibatkan pengendara itu menderita cedera berat sehingga kewaspadaan mesti ditingkatkan di sini.

"Kita harap pengendara mesti hati-hati sekali, terlebih melintas saat cuaca buruk," sebut Kalaksa BPBD Agam Lutfi, Senin 17 September 2018.

baca juga: Polda: Kasus Ujaran Kebencian Terhadap Mulyadi Sudah P-21

Lutfi menekankan, kewaspadaan mutlak ditingkatkan agar tak ada jatuh korban saat terjadinya longsor .

Sehari sebelumnya, kata Lutfi, akses jalan alternatif Padang-Bukittinggi ini sempat terputus akibat longsor sepanjang 8-10 meter dengan tinggi mencapai 10-15 meter.

baca juga: Bertambah Lagi, Total Kasus COVID-19 di Agam Menjadi 39

Minggu tadi malam, jalan itu sudah bisa dilewati dan Satgas BPBD yang dipimpin Kabid KL Wahyu Bestari didampingi Kasi Kedaruratan Doni Arnas sudah selesai melakukan pembersihan sisa material longsor pada hari ini.

Tak hanya di Jalan Sicincin- Malalak -Balingka saja, BPBD juga mengimbau warga atau pengendara waspada melintasi wilayah Jorong Silimpauang, Nagari Malalak Utara yang juga terkena longsor sebelumnya karena masih berpotensi longsor susulan sehingga mengancam akses jalan antar Nagari di sana.

baca juga: Hewan Ternak Warga Mati Tiba-tiba di Agam, Diduga Beruang Masuk Kampung

[Hatta Rizal]

Penulis: Iwan R