Kurang Pasokan, Harga Cabai Melambung di Pasar Raya Padang

Pedagang cabai di Pasar Raya Padang.
Pedagang cabai di Pasar Raya Padang. (KLIKPOSITIF/Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Harga cabai di Pasar Raya Padang kembali melambung sejak empat hari yang lalu. Kenaikan harga tersebut dikarenakan pasokan cabai yang masuk ke Kota Padang hanya dari dua daerah. Selain cabai , bawang merah juga mengalami peningkatan harga .

" Harga cabai saat ini naik dibanding pekan lalu, untuk cabai dari daerah Kerinci sendiri saat ini telah mencapai Rp24 ribu per kilogram yang awalnya hanya Rp18 ribu per kilogram," ujar salah satu pedagang di Pasar Raya Padang , Rus (28).

baca juga: Angka Kesembuhan Pasien COVID-19 Klaster Pasar Raya Padang Capai 80 Persen

Sementara, untuk harga cabai yang didatangkan dari daerah Jawa sendiri saat ini meningkat dari Rp24 ribu per kilogram menjadi Rp28 ribu per kilogram. "Biasanya untuk cabai ada datang dari Solok, Bukittinggi, Kerinci dan daerah Jawa. Untuk saat ini cabai dari Solok dan Bukittinggi sudah tidak masuk," lanjutnya.

Menurutnya, kenaikan harga tersebut karena kurangnya pasokan cabai yang masuk ke Kota Padang sehingga membuat harga melonjak. Sementara itu, harga bawang di Pasar Raya Padang berbanding terbalik dengan harga cabai sejak dua pekan belakangan.

baca juga: Evaluasi Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Lingkungan Pasar

" Harga bawang saat ini sudah mulai stabil sejak empat hari yang lalu. Kalau dihitung sejak dua pekan lalu, harga bawang merah jauh turun hingga harga terendah Rp12 ribu per kilogramnya," sambungnya.

Hingga Minggu 23 September 2018, harga bawang merah sudah mencapai Rp18 ribu per kilogram dan dianggap sudah stabil.

baca juga: 16 Staf Dinas Perdagangan Padang Positif COVID, 8 Diantaranya Sudah Sembuh

[Halbert Caniago]

Penulis: Agusmanto