Tahun Ini, Pemkab Pesisir Selatan Pecat 8 PNS Korup

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan telah memecat sebanyak 8 orang Pegawai Negeri Sipil yang terbukti melakukan tindak pidana korupsi dan telah mendapatkan ketetapan hukum dari Pengadilan Negeri setempat.

Kepala Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BK-PSDM) Pessel , Ahda Yanuar mengatakan, pemecatan 8 orang PNS tersebut dilakukan sejak Januari hingga Agustus 2018 lalu.

baca juga: DPRD Berencana Lakukan Hak Interpelasi Terkait Pembangunan RSUD Painan, Ini Kata Bupati Pessel

"Pemecatan tersebut dilakukan berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dan PP Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Managemen PNS , serta Surat Keputusan Bersama (SKB) di Pusat," katanya pada KLIKPOSITIF .

Ia menjelaskan, pemecatan terbanyak dilakukan di bulan Januari lalu, dimana saat itu 4 orang PNS dipecat secara tidak hormat. Kemudian di bulan Maret ada 2 orang dan Agustus 2 orang pula.

baca juga: Erick Thohir Sebut Ada 53 Kasus Dugaan Korupsi di BUMN, Reaksi KPK?

"Sementara ada dua orang lagi yang masih proses pemberhentian karena kasusnya belum inkrah," ucap Ahda. Menurut dia, semua PNS tersebut terlibat dalam kasus yang berbeda-beda.

" PNS yang terbukti korupsi ada yang bergolongan IV dan III, dan sesuai dengan putusan pengadilan, mereka terbukti telah melakukan tindak pidana korupsi . Maka langkah tegaspun harus dilakukan," sebut dia.

baca juga: Sudah Satu Bulan Lebih Pessel Tanpa Kasus Baru COVID-19

Lantas terkait antisipasi, pihaknya, akan menerapkan pembinaan terhadap sejumlah PNS dan ASN, salah satunya dengan pelatihan serta bimbingan kepegawaian.

"Langkah-langkah ini sudah mulai optimal kita lakukan. Dan kedepannya, akan kita tingkatkan lagi. Supaya ketaatan dan hasil kerja PNS dan ASN di Pessel bisa teruji," pungkasnya kemudian.

baca juga: Proses Verifikasi Faktual Pilkada di Pessel Berjalan Lancar

[Kiki Julnasri Priatama]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa