Alumni UIN Padang Terancam Tak Bisa Ikut Seleksi CPNS, Ini Alasannya

Kampus IAIN Imam Bonjol (sekarang UIN Padang).
Kampus IAIN Imam Bonjol (sekarang UIN Padang). (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Di tengah persoalan terdaftar tidaknya ijazah alumni IAIN Imam Bonjol Padang (sekarang UIN), persoalan baru muncul yakni, akreditasi program studi jurusan di beberapa fakultas juga tidak memenuhi syarat.

Laporan yang diterima KLIKPOSITIF , ratusan lulusan Fakultas Tarbiyah tamatan 2009 tidak mengantongi akreditasi program studi jurusan saat mereka wisuda. Mereka merupakan angkatan pertama dari program studi Tadris Sejarah Islam, Bimbingan Konseling Islam dan Pendidikan Agama Islam (PAI).

baca juga: Segera Dilaksanakan, Peserta SKB CPNS Kemenag Bisa Pilih Lokasi Tes

Lispa Neli (33), salah seorang alumni Tadris Sejarah Fakultas Tarbiyah mengungkapkan, dirinya terancam tak bisa ikut seleksi CPNS 2018 di lingkungan Kementerian Agama Republik Indonesia. Sebab, salah satu persyaratan seleksi administrasi harus melampirkan fotokopi bukti perguruan tinggi negeri atau Prodi terakreditasi dalam BAN-PT pada saat kelulusan.

"Kami tamatan 2009 juga terancam tidak bisa ikut seleksi CPNS 2018 pada kuota penerimaan dibawah Kemenag RI," ujarnya, Jumat 28 September 2018.

baca juga: Ini Cara Daftar Ulang Peserta SKB CPNS, Mulai Hari Ini

Lispa mengaku kecewa, sebab hingga hari ini belum mendapatkan solusi dari pihak kampus terkait persoalan tersebut. Lispa berencana akan melaporkan persoalan tersebut kepada Ombudsman Sumbar jika tidak ada solusi dari pihak kampus. "Kami minta pihak kampus mencarikan jalan keluar soal ini," pinta Lispa.

Sebelumnya Kasubag Humas, Suardi saat ditemui di Kampus UIN Iman Bonjol Padang menyarankan persoalan tersebut dibicarakan dengan dekan fakultas masing-masing. Sebab yang lebih tahu adalah dekan yang membawahi fakultas.

baca juga: Sempat Tertunda, Ini Jadwal Terbaru Tahapan CPNS Mulai Daftar Ulang SKB Hingga Tes

"Yang mengelola akreditasi adalah fakultas, sebaiknya alumni bisa langsung konfirmasi ke dekan fakultas ," katanya.

[Joni Abdul Kasir]

baca juga: Terhenti karena Pandemi, Pemko Padang Belum Pastikan Jadwal SKB CPNS 2019

Penulis: Agusmanto