Sering Banjir dan Tergenang Air, BPBD Padang Ingin Maksimalkan Peran KSB

Kepala BPBD Kota Padang, Edi Hasymi.
Kepala BPBD Kota Padang, Edi Hasymi. (KLIKPOSITIF)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Untuk mengatasi bencana banjir yang akan mengancam Kota Padang pada musim hujan yang akan berlangsung hingga akhir tahun 2018, Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kota Padang memaksimalkan Kelompok Siaga Bencana yang berada di setiap Kecamatan.

"Kalau kami dari BPBD sendiri untuk mengatasi itu adalah dengan cara memaksimalkan KSB yang tersebar di Kecamatan dan Kelurahan yang ada di Kota Padang ini," ujar Kepala BPBD Kota Padang , Edi Hasymi, Minggu 30 September 2018.

baca juga: Temui Kejanggalan, Peserta Seleksi Unsur Pengarah BPBD Kota Solok Mengadu ke DPRD

Dia mengatakan, setiap terjadinya bencana di Kota Padang , KSB yang tersebar itu akan langsung menuju lokasi dan melakukan evakuasi jika dibutuhkan. "Kalau dari BPBD , kami sudah maksimal melakukan setiap evakuasi bencana. Sementara untuk kejadian banjir sendiri itu sering terjadi karena adanya sumbatan drainase dan itu tugas dari Dinas Pekerjaan Umum (PU)," sambungnya.

Dia mengatakan, banjir yang terjadi di Kota Padang kejadian banjir karena drainase yang terlalu kecil dan juga sering tersumbat. "Kebanyakan banjir di Kota Padang ini terjadi karena kurang baiknya drainase yang ada seperti di daerah Jundul Rawang," sambungnya.

baca juga: PLN Berikan 97,2 Juta Rupiah untuk Korban Pasca Banjir Dharmasraya

Menurutnya, untuk drainase tersebut seharusnya lebih dimaksimalkan oleh pihak PU agar banjir di Kota Padang bisa teratasi. "Jika drainase maksimal dan tidak tersumbat, maka baniir yang sering terjadi di Kota Padang akan teratasi semua," tutupnya.

[Halbert Caniago]

baca juga: Pasca Banjir di Aek Napal Pasaman Barat, 8 KK Kehilangan Tempat Tinggal

Penulis: Agusmanto