Bantu Korban Gempa dan Tsunami, MMC Galang Dana di Kota Solok

MMC Sumbar Galang Donasi di depan kampus UMMY Solok
MMC Sumbar Galang Donasi di depan kampus UMMY Solok (KLIKPOSITIF/Syafriadi)

SOLOK , KLIKPOSITIF --  Gempa  dan Tsunami yang meluluhlantakkan kawasan Palu dan Donggala Sulawesi Tengah ( Sulteng ), Jum'at 28 September 2018 lalu menjadi duka bagi segenap masyarakat Indonesia.

Selain pemerintah, bantuan juga mengalir dari berbagai pihak. Tidak sedikit organisasi sosial kemasyarakatan yang turun ke jalan menggalang dana bantuan.

baca juga: Gempa Mamuju dan Majene, BNPB: 8 Korban Jiwa dan Ratusan Luka-Luka

Tidak terkecuali dengan Minangkabau Muslim Care (MMC), sejak Sabtu 29 September 2018, MMC sudah turun mengumpulkan sumbangan dari masyarakat yang melintas di Jalan Jendral Sudirman, Kota Solok .

"Sudah sejak hari Sabtu kemarin, Alhamdulillah terkumpul donasi sekitar Rp4 jutaan dari masyarakat," sebut Ustadz Zubair, Senin 1 Oktober 2018 ketika ditemui KLIKPOSITIF di lokasi depan Kampus UMMY Solok .

baca juga: Gempa Mamuju, Basarnas Temukan 8 Orang dalam Reruntuhan Gedung

Disaat bersamaan, sebut Zubair, di beberapa daerah lainnya MMC juga sudah bergerak menggalang dana untuk korban gempa dan tsunami Palu dan Donggala .

Jika tidak ada aral melintang, pihaknya akan terus menggalang dana di Kota Solok selama 1 minggu, dan donasi terkumpul akan disalurkan langsung ke lokasi bencana.

baca juga: Majene dan Mamuju Dilanda 2 Gempa Merusak, 3 orang Dikabarkan Meninggal Dunia

"Bantuan akan kita sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat pasca bencana, kebutuhan dasar akan diprioritaskan," sebut Zubair ditemani sejumlah rekannya dari MMC.

Meski di bawah terik panas matahari, tak menyurutkan semangat MMC untuk mengajak masyarakat bahu membahu meringankan beban korban bencana. Sumbangan, yang diberikan masyarakat akan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan.

baca juga: Mamuju Diguncang Gempa 6,2 SR, Bangunan Roboh

Disaat bersamaan, Sebut Zubair, sejumlah relawan MMC masih berjuang membantu masyarakat lombok, NTB yang masih dalam pemulihan pasca gempa yang mengguncang daerah itu beberapa waktu lalu.

[Syafriadi]

Penulis: Iwan R