Gubernur Sumbar : Bencana di Palu dan Donggala Harus Menjadi Pelajaran bagi Kita

Dampak gempa 30 September 2009 di Kota Padang
Dampak gempa 30 September 2009 di Kota Padang (KLIKPOSITIF/Haswandi)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Gubernur Sumbar Irwan Prayitno meminta kepada daerah (bupati dan wali kota) untuk menyiapkan langkah kesiapsiagaan bencana di daerah masing-masing, serta melakukan beberapa langkah teknis agar masyarakat waspada terhadap bencana.

Hal itu melihat kerentanan dan ancaman gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala hampir sama dengan Sumatera Barat.

baca juga: Alwis Ajak Masyarakat Sukseskan MTQ Nasional di Sumbar

"Bencana di Palu dan Donggala harus menjadi pelajaran bagi kita betapa pentingnya kesiapsiagaan bencana," kata Irwan Prayitno, Rabu 3 Oktober 2018 di Padang.

Langkah teknis dimaksud diantaranya melakukan pemeriksaan terhadap semua sarana dan prasarana yang berkaitan dengan sistem peringatan dini, melengkapi rambu dan petunjuk evakuasi, penyempurnaan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD.

baca juga: Gubernur Sumbar: Seleksi MTQ Nasional Sudah Sesuai Aturan

Kemudian mengarahkan masyarakat untuk menyusun rencana kesiapsiagaan keluarga dan komunitas dalam menghadapi bencana, mewajibkan sekolah untuk membuat rencana kesiapsiagaan sekolah dan melakukan simulasi secara berkala. Terakhir, mengimbau masyarakat untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT dan menjauhi maksiat.

"Ini sebagai bentuk pengurangan risiko bencana. Yang terpenting kita siap dulu, semua ketentuan dari Allah SWT," terang Irwan.

baca juga: Awasi 100 Kampanye Tatap Muka Bawaslu Solsel Ingatkan Paslon Patuhi Protokol Kesehatan

Senada dengan Gubernur, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit juga menegaskan, Kepala daerah jangan tidur dan jangan hanya teori saja. Menurutnya saat ini masyarakat harus siap dan tahu apa yang harus mereka lakukan ketika terjadi bencana.

"Jika terjadi bencana mereka tahu langkah penyelamatan, kemana harus lari, dan apa yang harus dilakukan," ujarnya.

baca juga: Peduli Usaha Mikro di Tengah Pandemi, Bank Nagari Berikan Pinjaman Tanpa Agunan

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Iwan R