Kota Padang Bakal Punya Kampung Tertib Lalu Lintas

Kunjungan Satlantas Polresta Padang ke Kuranji beberapa waktu lalu
Kunjungan Satlantas Polresta Padang ke Kuranji beberapa waktu lalu (Istimewa)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Satuan Lalulintas Polresta Padang menunjuk satu kawasan di Kota Padang untuk dijadikan sebagai percontohan dalam program Kampung Tertib Lalulintas .

Kawasan yang ditunjuk oleh Satlantas tersebut adalah Kelurahan Korong Gadang, Kecamatan Kuranji. Kasat Lantas Polresta Padang Kompol Asril Prasetya mengatakan, kawasan tersebut akan jadi area tertib lalulintas .

baca juga: Polisi Buru Rekan Penjambret di Padang

"Mengapa dijadikan Pilot Project? Karena Kampung atau Kelurahan Korong Gadang dinilai cukup representatif sebagai Kampung Tertib Lantas," katanya pada KLIKPOSITIF .

Ia menjelaskan, program kampung tertib lalulintas ini merupakan program dari Korlantas Mabes Polri dan pelaksanaannya dilakukan di seluruh Indonesia.

baca juga: Lagi, Kereta Api Sibinuang Hantam Mobil di Padang

Menurut Asril, dalam proses mewujudkan Kampung Tertib Lalu lintas, pihaknya menggandeng beberapa Kecamatan di Kota Padang .

"Program Kampung Tertib Lantas bermaksud merubah perilaku pengguna kendaraan bermotor di scope terkecil, karenanya dimulai dari perkampungan," sebut Asril.

baca juga: Raja Muda Lakukan Perlawanan Saat Ditangkap, Satreskrim Padang Hadiahi Timah Panas

Dengan adanya penerapan program tersebut, diharapkan masyarakat turut serta dan berperan aktif dalam mengedukasi orang lain terkait keselamatan dalam berkendara.

"Untuk memicu peran aktif masyarakat, kami telah mengadakan kegiatan safety riding kepada ibu-ibu PKK Kampung itu guna meningkatkan kompetensi dalam hal berkendara di Jalan raya," sambungnya.

baca juga: Ini Jumlah Surat Suara Pilkada Padang yang Rusak

[Halbert Chaniago]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa