Ketua DPRD Pessel Himbau Masyarakat di Kaki Bukit dan Daerah Aliran Sungai Segera Mengungsi

Ruas jalan raya di Pessel terendam banjir setinggi betis orang dewasa.
Ruas jalan raya di Pessel terendam banjir setinggi betis orang dewasa. (KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF - Ketua DPRD Pessel Marta Wijaya menghimbau agar masyarakat yang tinggal di daerah kaki bukit seperti Siguntur dan di daerah aliran sungai di Pessel , segera mengungsi sampai cuaca stabil kembali.

Hal ini disampaikannya, karena jika musim hujan, banjir dan longsor berpotensi terjadi di Pessel , khususnya di daerah perbukitan dan aliran sungai.

baca juga: Siswa di Pessel Terpaksa Nyebrang Sungai Karena Jembatan Rusak, Pemkab Harapkan Bantuan BNPB

Kemudian, kata Marta Wijaya melanjutkan, jika terjadi bencana banjir dan longsor , maka masyarakat yang terdampak segera menghubungi BPBD.

"Kalau terjadi langsung hubungi BPBD, sehingga dampak dari bencana langsung ditangani," kata Marta Wijaya kepada KLIKPOSITIF , Selasa, 22 Maret 2016.

baca juga: Pemilik Lupa Matikan Tungku, Satu Rumah di Pessel Ludes Terbakar

Seperti diketahui, hujan lebat yang terjadi sejak Senin sore hingga Selasa siang, menyebabkan lima kecamatan di Pessel terendam banjir.

"Lima kecamatan itu, yakni Kecamatan Koto XI Tarusan, Bayang, Empat Jurai, Lengayang dan Linggosari," kata Kepala BPBD Pessel Prinurdin.

baca juga: Dinas Perternakan Pessel Turunkan Petugas Pantau Kesehatan Hewan Kurban

Selain banjir, lanjutnya, hujan lebat tersebut juga nmenyebabkan tanah longsor di Jalan Raya Padang-Bengkulu, tepatnya di kawasan Bukit Putus, Painan.

Akibatnya, pengendara yang melintas di jalan tersebut terpaksa harus melewati jalan alternatif di pinggir Kota Painan yang melewati Gor H. Ilyas Yakub.

baca juga: Persiapan Kejurda, Puluhan Calon Atlet Taekwondo Pessel Ikuti Kenaikan Sabuk

"Badan Jalan Raya Padang-Bengkulu tertimbun material longsor seperti tanah dan kayu, sehingga tidak bisa dilewati kendartaan. Untuk itu, kendaraan yang lewat terpaksa dialihkan ke jalan alternatif," ujarnya.

Penulis: Riki