Ratusan Personel Amankan Kedatangan UAS di Payakumbuh dan Limapuluh Kota

UAS bersama Kapolres Kabupaten Limapuluh Kota AKBP Haris Hadis.
UAS bersama Kapolres Kabupaten Limapuluh Kota AKBP Haris Hadis. (istimewa)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Jelang Tabligh Akbar Ustadz Abdul Somad (UAS) di Masjid Al-Muttaqin, Tanjung Pauh, Kecamatan Payakumbuh Barat, ratusan personel keamanan dipastikan terlibat dalam pengamanan ustadz asal Riau tersebut. Pengamanan ini dilakukan oleh berbagai elemen baik dari Satpol PP, Polri, dan TNI.

Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Payakumbuh , Devitra saat dihubungi KLIKPOSITIF mengatakan, sebanyak 45 personel diturunkan untuk terlibat dalam pengamanan UAS. Pengamanan tersebut dilakukan di beberapa titik seperti penginapan, rumah dinas wakil walikota dan lokasi acara.

baca juga: Gerindra Payakumbuh Gelar Vaksinasi Covid-19 Gratis untuk Warga

"Total ada 45 personil yang disebar dibeberapa lokasi, seperti hotel tempatnya menginap, rumah dinas wakil walikota saat makan malam, dan lokasi acara di Tanjung Pauh," kata Devitra.

Kemudian, Kapolres AKBP Hendrastiawan Setyowibowo menjelaskan untuk pengamanan dari kepolisian tercatat sebanyak 300 personel . Pengamanan ini dilakukan mulai dari penjemputan, pengantaran ke penginapan dan menuju lokasi hingga selesai acara.

baca juga: Sebanyak 50 Perusahaan di Payakumbuh Ikut Sosialisasi Program JKP BPJamsostek Bukittinggi

"Dalam pengamanan ini kita turunkan 300 personil yang ditempatkan di lokasi, jalan raya untuk pengaturan lalu lintasdan beberapa tempat yang akan dikunjungi UAS," kata Kapolres Payakumbuh .

Sementara itu, Dandim 0306/50 Kota Letkol Kavaleri Solikhin menambahkan untuk personil TNI tercatat 50 personil. Sedangkan untuk pengamanan kepolisian di Limapuluh Kota , Waka Polres Limapuluh Kota Kompol Eridal mengatakan ada 85 personil yang dilibatkan dalam pengamanan UAS.

baca juga: Menparekraf RI Sandiaga Uno Sambangi Desa Wisata Kreatif Saribu Rumah Gonjong di Lima Puluh Kota

Menurut agenda, UAS akan menyambangi dua lokasi untuk memberikan ceramah agama yaitu di Lapangan Koto Tangah, Bukit Barisan Limapuluh Kota dan Masjid Al-Muttaqin, Tanjung Pauh, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh .

[Ade Suhendra]

baca juga: DPC Partai Demokrat Payakumbuh Beri Bantuan Kepada Warga yang Tengah Menjalani Isolasi Mandiri

Penulis: Agusmanto