Pemkab Pesisir Selatan Adukan Masalah Abrasi ke Pemerintah Pusat

Rumah warga rusak berat akibat abrasi di Pesisir Selatan
Rumah warga rusak berat akibat abrasi di Pesisir Selatan (Istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mengadukan persoalan abrasi ke pemerintah pusat. Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni mengatakan, untuk mengatasi masalah itu, pihaknya membutuhkan anggaran yang besar.

Menurut dia, penanganan masalah abrasi di Pesisir Selatan membutuhkan upaya yang strategis, sehingga dia harus berkoordinasi lebih lanjut dengan kementerian terkait.

baca juga: TMMD 109 di Pessel, Para Personel TNI Tak Tinggal Bersama Orang Tua Angkat

"Kami mengupayakan di pesisir pantai dipasangkan batu jeti. Saya akan menghadap menteri nanti, kita akan mengajukan proposal ke pemerintah pusat melalui Balai," katanya.

Untuk langkah awal, sebut dia, pihaknya akan menginventarisir sejumlah kawasan pantai dan pemukiman yang rawan terdampak abrasi tersebut.

baca juga: Bawaslu Pessel Temukan Dua Oknum yang Diduga Langgar Netralitas PNS

"Intinya kita akan berusaha, dari Pemkab berusaha, dari Pemprov berusaha. Dari pusat kita akan mengupayakan untuk menghadap nantinya," pungkasnya.

Diketahui, Kabupaten Pesisir Selatan memang kerap dilanda abrasi , salah satu kejadian terakhir adalah abrasi di Kampung Ujung Air, Nagari Ampingparak, Kecamatan Sutera.

baca juga: Kasus COVID di Pessel Terus Bertambah, Total Hingga Hari Ini Sudah Tercatat 253 Orang

Kawasan itu dilanda abrasi pada Senin 8 Oktokber. Akibatnya satu keluarga terpaksa mengungsi, karena rumah mereka rusak berat.

[Kiki Julnasri Priatama]

baca juga: KPU Pessel Belum Tetapkan Besaran Dana Kampanye Peserta Pilkada 2020

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa