Perumahan di Padang Ini Dinobatkan Jadi Kampung Lalulintas Oleh Kepolisian

Pemasangan marka jalan di komplek Mawar Putih, Korong Gadang
Pemasangan marka jalan di komplek Mawar Putih, Korong Gadang (KLIKPOSITIF/Cecep Jambak)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kepolisian Resor Kota Padang menobatkan satu perumahan di kawasan Korong Gadang, Kecamatan Kuranji sebagai Kampung Lalulintas . Hal itu ditetapkan oleh Satuan Lalulintas Polresta.

Kasatlantas Kompol Asril Prasetya mengatakan, perumahan tersebut adalah Komplek Mawar Putih. Perumahan tersebut akan menjadi percontohan penerapan peraturan lalulintas .

baca juga: Polresta Padang Ungkap Peran Tiga Tersangka Penggelapan Mobil

"Kampung Lalulintas merupakan program Korlantas Mabes Polri untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalulintas . Komplek Mawar Putih mewakili lomba kampung lalulintas tingkat Ditlantas Polda Sumbar. Jika memang bisa mewakili tingkat nasional," katanya.

Menjadi lokasi percontohan, perumahaan itupun langsung dipercantik. Jalanan di dalam komplek tersebut langsung dipasangi marka jalan selayaknya jalan arteri di ibukota Provinsi Sumatera Barat itu.

baca juga: Polresta Padang Tunggu Saksi Ahli Untuk Lengkapi Berkas Kasus Skimming

Hanya saja, meskipun sudah dipasangi rambu-rambu marka jalan, tampak masih banyak warga yang menaati aturan lalulintas seperti tidak menggunakan helm.

Terkait hal itu, Asril mengaku bahwa dirinya akan memberikan edukasi dan imbauan pada masyarakat setempat untuk tetap mematuhi aturan lalulintas .

baca juga: Satlantas Polresta Padang Akan Gelar Operasi Zebra, Ini Jenis Pelanggaran yang Bakal Ditindak

"Kami akan pasang spanduk imbauan tertib lalulintas . Di setiap kesempatan ada kegiatan di kelurahan, masjid, dan kelompok pemuda, kita edukasi bahaya kecelakaan lalulintas ini," ungkapnya.

"Perlombaannya Desember nanti. Kriteria penilaian dan tim penilai sendiri ada di pusat. Tentu menilainya secara diam-diam," tambahnya.

baca juga: Ini Modus Operandi Pelaku Skimming ATM di Lubuk Begalung Padang

Di tempat yang sama, Tokoh Masyarakat Korong Gadang, Asnol Amri, mengatakan terpilihnya Kelurahan Korong Gadang merupakan kebanggaan, namun menjadi beban dalam pelaksanaannya.

"Namun dalam rangka tercipta tertib berlalulintas, mau tidak mau tentu menerima, dengan harapan kerjasama kita semua. Karena keberhasilan tentu tidak terlepas dari dukungan kita bersama," ungkapnya.

"Kita bangga, dari 104 kelurahan, Kelurahan Korong Gadang menjadi perwakilan," tambahnya.

Dia mengharapkan masyarakat untuk mendukung program dengan baik. "Mudah-mudahan kerja keras kita dapat menghasilkan yang terbaik," harapnya.

[Cecep Jambak]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa