Menginspirasi, Prajurit TNI Ini Jadi Guru Ngaji di Kampung Air Kalam Pessel

Praka Kastrialdi mengajari anak-anak Kampung Air Kalam mengaji
Praka Kastrialdi mengajari anak-anak Kampung Air Kalam mengaji (Ist)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Tidak hanya kegiatan fisik, prajurit Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) ke 103 di Nagari Lakitan, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan -Sumatera Barat juga mendedikasikan diri menjadi seorang guru ngaji.

Kehadiran prajurit TNI di Nagari Lakitan ini sejak 15 Oktokber 2018 lalu, tampak
membawa suasana baru bagi masyarakat setempat.

baca juga: Gempa di Pessel, Dirasakan di Sejumlah Daerah di Sumbar

Seperti halnya yang dilakukan Prajurit Kepala (Praka), Kastrialdi anggota dari pasukan Yonif 133/YS Satgas TMMD Kodim 0311 Pessel ini. Mengenakan sarung dan memakai baju loreng, ia mengajari satu per satu anak-anak di Kampung Air Kalam.

Meski itu bukanlah perkejaan yang biasa dijalani selama ini, profesi guru ngaji tampak tidak membuat dirinya canggung. Berbaur di tengah anak-anak kampung, memperlihatkan sosok yang agamis bagi Praka Kesatrialdi.

baca juga: Rabu Pagi, Warga Pessel Dikejutkan Gempa

"Mengajar anak-anak mengaji membaca Alquran ini memang sudah kebiasaan sebelum menjadi prajuriti," sebut Praka Kastrialdi.

Praka Kastrialdi mengatakan, kegiatan mengajar mengaji yang berlangsung di musala Nurul Iman Kampung Air Kalam saat itu, juga salah satu dari tujuan dan upaya dalam mencapai pelaksanaan TMMD di Pessel .

baca juga: Sempat Tersendat, Saat Ini Pesanan Estalase di Pessel Mulai Laris Manis

"Sebagai wujud implementasi dari sila pertama Pancasila yaitu 'Ketuhanan Yang Maha Esa'. Saya ingin terlibat langsung mengajarkan anak-anak untuk pintar baca Alquran," terangnya.

Selain mengajar mengaji, Praka Kastrialdi juga mrmbiasakan anak-anak untuk salat berjamaah. "Sambil menunggu salat isya, tidak salah anak-anak menyempatkan diri mengulang membaca Alquran. Sehingga, masa ini bisa nanti menjadi kebiasaan selanjutnya," jelasnya.

baca juga: Diluncurkan Kemendes, Pessel Kini Miliki Tiga Kampus Nagari

Sementara itu, salah seorang anak mengaji di Kampung Air Kalam, Rian (9)
mengaku sangat senang dan bisa dekat dengan seorang tentara. Apalagi, pria berbaju loreng bisa mengajarinya langsung untuk mengaji, tentu menjadi pengalaman baru baginya.

[Kiki Julnasri Priatama]

Penulis: Rezka Delpiera