Ini Daerah yang Paling Diuntungkan Selama Event Tour de Singkarak

Peserta Tour de Singkarak melintasi jalan Kelok 44 dengan view Danau Maninjau
Peserta Tour de Singkarak melintasi jalan Kelok 44 dengan view Danau Maninjau (KLIKPOSITIF/Haswandi)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengakui event Tour de Singkarak (TdS) 2018 menguntungkan untuk daerah yang memiliki penginapan atau hotel berbintang yakni Kota Padang dan Bukittinggi. Sebab pembalap dan ofisial akan menginap di penginapan yang layak sesuai keinginan mereka.

"Kemudian Tanah Datar dapat juga karena ada satu hotel baru (Emersia) yang layak untuk pembalap dan ofisial," ungkap Wagub saat ditemui KLIKPOSITIF di ruang kerjanya, Selasa 30 Oktober 2018.

baca juga: Kampanye, Paslon Erick Hariyona - Syawal Prioritaskan Pendidikan dan Agama

Menurutnya, daerah tempat menginap para pembalap, ofisial dan seluruh tim yang terlibat dalam TdS otomatis akan belanja di sekitar daerah tempat mereka menginap tersebut.

"Sekarang yang beruntung ya daerah banyak hotel saja, seperti Bukittinggi dan Pandang, kemudian Tanah Datar. Mereka yang banyak dapat. Harapan kami sebenarnya setiap kabupaten dan kota punya hotel yang layak," terangnya.

baca juga: Positif Covid-19 Sumbar Meningkat, Epidemiolog: Karena Gagal Mengontrol Pergerakan Orang

Dijelaskan Nasrul Abit, persoalan minimnya hotel di daerah karena kurangnya investasi dari pihak swasta dan kemampuan daerah terbatas.

"Keuntungan lain dari TdS ini nampak dari infrastruktur jalan yang dilalui, semua jalan yang menjadi etape pasti diperbaiki," tukas Ketua DPD Gerindra Sumbar itu.

baca juga: Cerita Pelajar Kampung Dilan dengan Adanya Program TMMD di Pessel

Sebelumnya, Ketua Indonesian Hotel General Manager Asociation (IHGMA) Sumbar , Soedjoko menyebutkan, peningkatan kunjungan wisata akan berdampak kepada hunian hotel termasuk event besar seperti TdS. Menurutnya dari hunian tersebut nanti akan berpengaruh kepada perekonomian masyarakat.

"Banyak pengunjung ke Sumbar tentu banyak yang nginap di hotel. Uang akan terus berputar, sebab kami juga belanja ke pasar rakyat untuk kebutuhan tamu," ujarnya.

baca juga: Peringatan Gempa 30S Padang ke-11 Dilakukan Berbeda

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Iwan R