Wali Kota Payakumbuh Antar Langsung Bantuan untuk Korban Gempa Palu dan Lombok

Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi saat menyerahkan bantuan terhadap korban gempa Lombok
Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi saat menyerahkan bantuan terhadap korban gempa Lombok (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Pemerintahan Kota (Pemko) Kota Payakumbuh mengantarkan langsung bantuan berupa uang tunai, obat-obatan, pakaian, dan makanan terhadap korban gempa di Palu dan Lombok. Untuk menyerahkan bantuan tersebut, Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi datang langsung ke Lombok, Rabu 31 Oktober 2018.

Bantuan yang diserahkan Pemko Payakumbuh ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan 2018 (APBD-P) daerah tersebut. Dalam APBDP 2018 tersebut didapat anggaran untuk membantu Palu sebesar Rp350 juta dan Lombok Rp130 juta.

baca juga: Pemko Payakumbuh Segera Serahkan LKPD 2020, Incar WTP Keenam Beruntun

Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi mengakui, sedikit terlambatnya bantuan tersebut karena memang dalam APBD 2018 Kota Payakumbuh, tidak ada angngaran yang bisa digunakan untuk diberikan bantuan kepada daerah lain. Namun, melihat dampak bencana yang dialami Palu dan Lombok, Pemko Payakumbuh memperjuangkan anggaran bantuan itu pada APBD-P 2018.

"Saya akui bantuan ini memang sedikit terlambat. Tapi sebenarnya, selama ini kami tidak diam. Kami selalu memantau dan berkoordinasi dengan Pemda Palu dan Lombok terkait perkembangan dua daerah ini agar bisa membantu. Barulah hari ini moment yang tepat untuk menyerahkan bantuan. Ini juga bentuk komitmen Pemko Payakumbuh dalam merespon instruksi Mendagri untuk membantu Lombok dan Palu," kata Riza Falepi, Rabu 31 Oktober 2018.

baca juga: Sebanyak 23 Pegawai PPK Payakumbuh Terima SK

Selain bantuan yang berasal dari APBD-P tersebut, bantuan yang diserahkan juga berasal dari dana yang didapat tim khusus bentukan Wali Kota untuk mengumpulkan seluruh bantuan dari berbagai pihak lain.

"Sejak bencana Lombok dan Palu, seluruh warga Payakumbuh baik dari ASN maupun PKK bergerak mengumpulkan bantuan. Nah, tim inilah yang bertugas mengumpulkan bantuan-bantuan ini d satu tempat dan akan kami salurkan ke Lombok dan Palu," katanya.

baca juga: Wali Kota Payakumbuh Disuntik Vaksin COVID-19 Tahap Kedua

[Taufik Hidayat Kampai]


 
 

baca juga: LPK Aratana Payakumbuh Kirim 25 Siswanya Magang ke Jepang

Penulis: Rezka Delpiera