Juara Olimpiade Akuntansi se-Sumatera Ini Lulus di PNP Tanpa Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru

Ratusan pelajar SMA/SMKA/MA ikuti Olimpiade Akutansi se Sumatera di Politeknik Negeri Padang
Ratusan pelajar SMA/SMKA/MA ikuti Olimpiade Akutansi se Sumatera di Politeknik Negeri Padang (Riki S)

PADANG, KLIKPOSITIF – Nasib beruntung mengilhami para juara Olimpiade Akuntansi Tingkat SMA/SMK/MA se- Sumatera ke-X yang digelar Politeknik Negeri Padang ( PNP ). Pasalnya, selain meraih juara, mereka nantinya juga berkesempatan untuk kuliah di PNP tanpa seleksi.

"Alhamdulillah, saya bangga sekaligus bahagia, karena selain menang, saya pun sudah dinyatakan untuk diterima di PNP tanpa mengikuti seleksi," kata Hafiz Syahputra dari SMK Negeri 2 Padang yang meraih Juara I Olimpiade Akutansi tingkat SMA/SMK/MA se- Sumatera .

baca juga: Tol Pekanbaru -- Dumai Segera Beroperasi, Tingkatkan Konektivitas Kawasan Industri di Provinsi Riau

Terpisah, Direktur PNP Surfa Yondri menyebut bahwa para juara diberikan kesempatan untuk kuliah di PNP tanpa mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru, merupakan bagian dari apresiasi pihaknya kepada para juara.

"Tidak hanya juara I, tapi juara II dan III juga berkesempatan untuk kuliah di PNP pada prodi Akutansi tanpa seleksi. Ini merupakan bentuk apresiasi kami kepada para juara," kata Surfa Yondri kepada KLIKPOSITIF .com, Jumat, 2 November 2018.

baca juga: Kaldera Toba Ditetapkan Sebagai UNESCO Global Geopark

Olimpiade Akuntansi yang ditaja PNP , lanjut Surfa Yondri, juga diikuti oleh mahasiswa se- Sumatera ,. Bagi PNP , olimpiade ini merupakan sebuah komitmen dan bagian dari pendidikan vokasi yang bersifat aplikatif.

"Bagi kami ini sebuah komitmen, tapi bagi peserta tentunya olimpiade ini sekaligus menjadi ajang persaigan, khususnya bagi yang menyenangi pelajaran akuntasi," ujarnya.

baca juga: Percepat Pembangunan Tol Trans-Sumatera, Pemerintah Masih Butuh Tambahan Pendanaan Rp386,76 Triliun

Sementara itu, Ketua Jurusan Akuntansi Amy Fontanella memaparkan nama-nama juara Olimpiade Akuntansi tingkat SMA/SMK/MA. Untuk juara I tingkat SMK, kata dia, diraih oleh Hafiz Syahputra dari SMK Negeri 2 Padang.

Kemudian juara II dan Juara III, diraih oleh dari SMK Negeri 2 Bukittinggi, yaitu Bunga Bea Puspa dan Richi Lala. Sedangkan untuk juara Olimpiade tingkat SMA/MA, juara I diraih Latifah Hanarif P dari SMA 1 Payakumbuh.

baca juga: BKSDA Agam Pantau Harimau Sumatera yang Masuk Kampung dan Serang Ternak Warga

"Sementara untuk juara II, disabet oleh Ryan Dhanny Wibisana, dan Juara III Ghozi Naufal Ali. Keduanya, merupakan siswa dari SMA 1 Padang Panjang," katanya.

Nama-nama para juara Olimpiade Akutansi tersebut, lanjutnya, nantinya berhak untuk kuliah di Prodi Akutansi PNP tanpa seleksi. Bahkan, nama-nama tersebut bebas menentukan pilihannya, apakah DIII atau DIV. "Tergantung keinginan mereka maunya di mana," ujarnya.

Amy menambahkan, Olimpiade Akutansi itu diikuti oleh 405 peserta yang terdiri dari 141 peserta dari 29 perguruan tinggi, dan SMA/SMK/MA sebanyak 264 yang berasal dari 50 sekolah se- Sumatera .

Selain Olimpiade, pada kesempatan itu PNP juga menggelar kegiatan Seminar Akuntansi Wakaf yang diikuti oleh dosen dan guru pendamping, serta puluhan Anggota IAI Sumbar.

"Bahkan pada seminar tersebut, kami dari penyelenggara juga menghadirkan Pengurus IAI Pusat, Hidayatul Ikhsan sebagai pemateri seminar. Selain pengurus, beliau juga merupakan seorang Kompartemen Akuntan Syariah," tuturnya.(*)

Penulis: Riki S