Puisi Chairil Anwar Cintaku Jauh di Pulau Dibawakan dalam Bahasa Rusia

Victor Pogadaev saat membawakan puisi Chairil Anwar
Victor Pogadaev saat membawakan puisi Chairil Anwar (Ist)

SAWAHLUNTO , KLIKPOSITIF -- Puisi karya Chairil Anwar berjudul Cintaku Jauh di Pulau dibawakan dalam bahasa Rusia. Puisi tersebut dilantunkan oleh penyair Victor Pogadaev dalam acara Sawahlunto Poetry Reading Festival 2018 di kawasan wisata Batu Runcing yang berada di Dusun Sungai Cacang, Desa Silungkang Oso, Kecamatan Silungkang, Kota Sawahlunto .

Selain puisi Chairil Anwar , diantara 65 penyair yang ikut serta dalam festival tersebut, banyak yang membacakan puisi tentang Muhammad Yamin, pahlawan nasional putra asli Talawi, Sawahlunto yang juga merupakan tokoh sastra Indonesia.

baca juga: Segmen Sianok Cukup Aktif, BMKG Ingatkan Potensi Gempa Kuat di Sumbar

Victor Pogadaev mengatakan, bahwa dirinya begitu senang dapat tampil dalam Festival tersebut. "Senang sekali. Saya di sini membaca puisi di tempat yang alamnya indah sekali. Perasaan nyaman sekali berkarya di sini," sebut pria yang merupakan penyusun kamus Bahasa Rusia – Indonesia, usai membacakan puisi , Kamis 8 November 2018.

Untuk itu, pria yang hampir dua puluh tahun terakhir ini sedang meneliti kebudayaan dan sejarah Indonesia dan Malaysia berharap, pada penyelenggaraan acara selanjutnya, dapat lebih banyak peserta dari mancanegara yang diundang.

baca juga: Dorong Sektor Pariwisata Kolom Sawahlunto Gelar Sayembara Cerita Rakyat

"Saya sendiri, merasa nyaman dan senang di sini. Begitu kembali ke Rusia nanti, pasti akan memberitahu, menulis pengalaman saya agar banyak juga orang Rusia lain yang tertarik ke sini,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman (DKPBP), Hendri Thalib mengatakan, festival tersebut dilaksanakan sudah memasuki tahun kedua.

baca juga: Sektor-sektor yang Akan Diaktifkan di New Normal Sawahlunto

“Pada tahun 2017 lalu kita selenggarakan tanggal 28 Oktober dan tahun ini, terselenggara atas dukungan ninik-mamak dan masyarakat setempat,” katanya.

Pada besok, Jum’at 9 November 2018, lanjut Hendri, komunitas sastra dari Silungkang. "Untuk besok, rangkaian acara penampilan dari komunitas sastra di Silungkang, nama komunitasnya Batanun Raso. Komunitas ini diketuai pak Yaskur Jamhur," ungkapnya.

baca juga: Sawahlunto Bersiap Terapkan New Normal

"Besok mereka juga akan berkolaborasi dengan pelajar SDI Silungkang," pungkasnya kemudian.

[Muhammad Haikal]

Penulis: Rezka Delpiera