Ada Misi Khusus di Balik Kegiatan TMMD di Tanah Datar, Apa Itu?

Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI M. Sabrar Fadhillah (kiri) menandatangani berita acara hasil kegiatan TMMD ke 103 disaksikan Bupati Irdinansyah Tarmizi (kanan) saat penutupan di Nagari Saruaso, Kecamatan Tanjung Emas,  Selasa 13 November 2018
Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI M. Sabrar Fadhillah (kiri) menandatangani berita acara hasil kegiatan TMMD ke 103 disaksikan Bupati Irdinansyah Tarmizi (kanan) saat penutupan di Nagari Saruaso, Kecamatan Tanjung Emas, Selasa 13 November 2018 (Istimewa)

BATUSANGKAR , KLIKPOSITIF -- Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI M. Sabrar Fadhillah menutup kegiatan Tentara Menunggal Membangun Desa ( TMMD ) ke 103 di Nagari Saruaso, Kecamatan Tanjung Emas, Tanah Datar , Selasa 13 November 2018.

"Semoga kegiatan TMMD kali ini mampu mewujudkan desa atau nagari yang maju, sejahtera dan demokratis," kata Fadhillah saat acara penutupan.

baca juga: 196 Pelajar Ikuti Gebyar Vaksinasi Badunsanak Polres Tanah Datar

Pangdam I/BB menyebut selama hampir sebulan sejak kegiatan TMMD di buka pada 15 Oktober 2018, para prajurit TNI bersama Polri, ASN, serta masyarakat bekerja keras membangun baik fisik maupun non fisik.

Tak hanya itu, pelaksanaan TMMD ini juga membawa misi khusus yaitu untuk menyatukan perbedaan dalam masyarakat guna mencegah potensi perpecahan dan berkembangnya intoleransi serta menumbuhkan kedekatan antara rakyat dengan prajurit TNI.

baca juga: TMMD di Solok, Rehab Rumah Warga Hingga Buka Jalan Usaha Tani

TMMD kali ini telah mewujudkan sinergi dan kerja sama antara delapan lembaga pemerintah setingkat kementerian yakni Kementerian Agama, Perindustrian, Kesehatan, Pertahanan, Polri, Lingkungan Hidup, Kehutanan dan Kementrian Dalam Negeri.

"Teruslah membangun dan mengembangkan potensi daerah masing-masing serta jadikan diri kita sebagai agen pembangunan energi positif bagi lingkungan sekitar," harap Fadhilah.

baca juga: Hari Ini 2 Mahasiswi dan Seorang Petani Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Tanah Datar

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengatakan kegiatan TMMD kali ini yang mengangkat tema TNI Manunggal Rakyat dalam Mewujudkan Desa Maju, Sejatera dan Demokratis, sudah sejalan dengan visi pemerintah dalam membangun daerah terpencil sekaligus sebagai momentum untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong.

"Pemerintah daerah mengucapkan terima kasih atas kegiatan TMMD ini yang sangat membantu masyarakat di lokasi kegiatan baik fisik maupun non fisik berupa penyuluhan dan sosialisasi," kata Irdinansyah.

baca juga: Sukseskan Vaksinasi Nasional, Satlantas Polres Tanah Datar Lakukan Vaksin Pada Pelajar dan Masyarakat

[Irfan Taufik]

Penulis: Iwan R