Korban Kedua Lion Air PK-LQP dari Limapuluh Kota Telah Dimakamkan

Suasana pemakaman jenazah korban Lion Air JT610 asal Limapuluh Kota
Suasana pemakaman jenazah korban Lion Air JT610 asal Limapuluh Kota (KLIKPOSITIF/Ade Suhendra)

LIMAPULUH KOTA , KLIKPOSITIF -- Korban kedua dari tragedi Lion Air PK-LQP JT-610 asal Limapuluh Kota , Tami Julian telah dimakamkan di kampung halamannya, Jorong Aia Randah Nagari Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Limapuluh Kota , Sabtu 17 November 2018.

Sebelumnya, jenazah karyawan Telkomsel Pangkal Pinang ini berhasil diidentifikasi oleh Tim Disaster Victim Identification (DVI) Rumah Sakit Polri, Jumat 16 November 2018.

baca juga: Menparekraf RI Sandiaga Uno Sambangi Desa Wisata Kreatif Saribu Rumah Gonjong di Lima Puluh Kota

Jenazah putra Luak Limopuluah ini berhasil diidentifikasi bersama dua jenazah lainnya yaitu Ahmad Muchni HS (45), teridentifikasi melalui pemeriksaan DNA dan Hardy (31), teridentifikasi melalui pemeriksaan DNA.

Tercatat, hingga saat ini korban yang telah teridentifikasi sebanyak 95 korban yang terdiri dari 70 jenazah laki-laki dan 25 jenazah perempuan.

baca juga: Peduli Sesama, Pemuda Talago Guguk Lima Puluh Kota Berbagi Takjil Gratis

Robby Muchsis, salah satu keluarga korban membenarkan bahwa jenazah Tami Julian telah diidentifikasi kemarin.

Ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses pencarian dan media yang telah membantu menyampaikan setiap perkembangan pencarian sejak jatuhhnya pesawat yang ditumpangi saudaranya tersebut.

baca juga: Demi Percepatan Pembangunan, Nagari Pangkalan Akan Lakukan Pemekaran

"Benar, dan alhamdulillah, Tami sudah teridentifikasi, kami dari keluarga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses pencarian dan evakuasi. Alhamdulillah proses pemakamannya tadi juga berjalan lancar," kata Robby.

Ia menjelaskan jenazah tadi diberangkatkan dari Jakarta sekitar pukul 10.00 WIB dan sampai dirumah duka sekitar pukul 15.30 WIB di Jorong Aia Randah, Nagari Balai Panjang, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota .

baca juga: Tanggapi Keluhan Masyarakat, Pemkab Lima Puluh Kota Siapkan Anggaran Rp1,5 Miliar

Hasil pantauan KLIKPOSITIF , proses pemakaman Tami Julian juga dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Limapuluh Kota Ferizal Ridwan bersama Sekda Kabupaten Limapuluh Kota Widya Putra, dan perwakilan Telkomsel Wilayah Sumatra Erwin Tanjung.

Ferizal Ridwan saat ditemui usai pemakaman mengatakan turut berduka atas kehilangan salah seorang putra terbaik Limapuluh Kota setelah sebelumnya juga kehilangan.

"Kami turut berduka dan ini untuk kedua kalinya Limapuluh Kota berduka karena sebelumnya, Fauzan Azima yang juga menjadi salah seorang penumpang korban Lion Air JT-610 dimakamkan di daerah Danguang-danguang, kampung halamannya," sebut dia.

Ia berharap keluarga yang ditinggalkan dapat tabah menghadapi cobaan tersebut dan mengikhlaskan kepergian Tami Julian.

Selain itu, ia juga berterimakasih atas dukungan doa, kerja keras berbagai pihak yang telah ikut serta mulai dari pencarian hingga pemakaman selesai dilaksanakan.

"Semoga almarhum husnul khotimah dan mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah. Kepada keluarga agar dapat ikhlas menerimanya," ujar Wakil Bupati Limapuluh Kota yang turut serta dalam menunggu jenazah hingga pemakaman berakhir.

[Ade Suhendra]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa