Satu Kali Gempa Hembusan Terjadi di Gunung Marapi

Gunung Marapi
Gunung Marapi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Sepanjang Sabtu 17 November 2018 pukul 00.01 WIB hingga pukul 24.00 WIB, Gunung Marapi di Sumbar mengalami satu kali gempa hembusan.

Dari catatan Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Marapi, gempa hembusan tersebut ber-amplitudo 1 milimeter dengan durasi 7 detik.

baca juga: Sambaran Kilat di Lereng Merapi Viral, LPBD Sebut Hal Ini

"Gempa hembusan ini terjadi pada pukul 21.43 WIB. Karena terjadi pada malam hari, asap hembusan tidak terlihat secara visual," tutur Hartanto, petugas PGA Marapi kepada KLIKPOSITIF .

Selain gempa hembusan, Gunung Marapi juga mengalami satu kali gempa tornillo dan satu kali gempa vulkanik dalam (VA). Untuk gempa tornillo terjadi dengan amplitudo 2 milimeter, durasi lima menit, sementara gempa vulkanik dalam ampiltudo 6 milimeter dengan durasi 10 detik.

baca juga: HUT RI Ke-75, Ribuan Pendaki Padati Gunung Marapi

Tak hanya itu, Pos PGA Marapi mencatat adanya dua kali gempa tektonik jauh dengan durasi 35-135 detik pada sabtu kemarin.

Saat ini, Gunung Marapi Sumbar masih berstatus waspada atau berada di level II. Pada status ini, masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendaki Gunung Marapi pada radius 3 kilometer dari kawah/puncak. (*)

baca juga: Sore Tadi, Pendaki Yang Tersesat di Marapi Sudah Dibawa Turun

Penulis: Iwan R