Wagub Sumbar Optimis Sumbar Expo 2018 di Makasar Bisa Memancing Wisatawan

Wagub Sumbar Nasrul Abit Temu Ramah di Kediaman Wakil Walikota Makassar Syamsu Rizal
Wagub Sumbar Nasrul Abit Temu Ramah di Kediaman Wakil Walikota Makassar Syamsu Rizal (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit mengatakan, pelaksanaan Sumbar Expo 2018 di Makassar sebagai bentuk promosi atau memperkenalkan potensi budaya serta peluang investasi serta memantik kunjungan wisatawan ke Sumbar . Terutama, daerah yang dijadikan sebagai tempat perhelatan Sumbar Expo.

“Barangkali selama ini anggapan masyarakat Makassar, Sumbar itu jauh, namun dengan sudah adanya penerbangan langsung ke Padang tentu ini membuka pintu agar masyarakat Sulsel bisa berwisata ke Sumbar , ditambah lagi secara sejarah orang Minang mempunyai keterkaitan dengan orang Makassar," ungkapnya, Minggu 17 November 2018.

baca juga: Pencari Kerja di Pariaman Meningkat

Dijelaskannya, lokasi pelaksanaan Sumbar Expo setiap tahunnya selalu berbeda. Hal itu agar masyarakat daerah yang menjadi lokasi mengenal Sumbar . Tahun depan direncanakan perhelatan Sumbar Expo 2019 akan dilaksanakan di Kota Medan, Sumatera Utara.

“Dipilihnya Medan sebagai tuan rumah salah satu alasannya permintaan Ikatan Keluarga Minang yang ada disana dan tentunya juga seluruh masyarakat Minang yang ada disana juga” ujarnya.

baca juga: Gowes Siti Nurbaya, Pegiat Sepeda: Panitia Harus Perketat Tiga Titik Ini

Untuk Sumbar Expo 2019, Wagub menjelaskan akan terlebih dahulu dilaksanakan penjajakan di Medan dan kita yang tidak kalah pentingnya akan dilakukan evaluasi untuk Sumbar Expo 2018.

“Kekurangan-kekurangan akan diperbaiki, sehingga produk-produk yang ditampilkan tersebut benar-benar dikenal dan masyarakat disitu mau membeli. Kabupaten/ Kota harus bisa menyajikan dan mengemas produk-produk unggulan mereka, sehingga jangka panjang nya akan memancing wisatawan untuk datang ke daerah tersebut” sebutnya.

baca juga: HUT ke-351 Kota Padang, Ini Pesan Mantan Wali Kota

Sementara itu, Wakil Walikota Makassar, Syamsu Rizal menyampaikan dampak Sumbar Expo bagi Kota Makassar yakni membuka peluang dan kesempatan bahwa ternyata Sumbar itu dengan segala macam potensinya bisa memberikan peluang besar untuk bekerjasama.

“Bagaimana pun juga secara kultur, masyarakat Makassar mempunyai kedekatan emosional dengan Minangkabau sehingga bisa menjadi perekat dan pendorong untuk kerjasama yang panjang ke depannya” terang Syamsu Rizal.

baca juga: Bantuan Sosial Tunai di Padang untuk 52 Ribu Penerima Baru

Lanjut, menurut Syamsu Rizal yang juga Sumando orang Minang, karakteristik orang Minang dengan orang Makassar hampir sama, yakni sama-sama perantau, sehingga Sumbar Expo ini akan membuka jalan bagi pengusaha-pengusaha lokal di Makassar untuk mencoba peluang yang ditawarkan oleh Sumbar .

Menurutnya, kontribusi orang Minang di Makassar luar biasa karena orang Minang itu terkenal berbisnis tapi jarang melanggar aturan, karena hampir sebagian besar orang Minang disini membuka usaha rumah makan, jarang yang menjadi pedagang kaki lima dan bisa mengikuti aturan sehingga ini kami jadikan contoh bagi yang lain ditengah beragamnya masyarakat di Makassar ini.

“Selain itu kami juga mengajak dan mengikutsertakan orang Minang disini untuk ikut dalam berbagai kegiatan apalagi ketika ada kegiatan-kebudayaan. Artinya kami menganggap apa yang dilakukan oleh orang Minang memberikan hal yang positif bagi pemerintahan” tutup Syamsu Rizal.

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Agusmanto