Karena Hal Ini, Rusia Jatuhkan Denda kepada Google

Google
Google (Screenshoot)

KLIKPOSITIF -- Pemerintah  Rusia  berencana menjatuhkan sanksi denda hingga 700 ribu rubel atau 10.450 dolar AS kepada perusahaan  Google , karena dinilai melanggar aturan teknologi infomasi di Rusia .

Dilansir Reuters, regulator pengawas komunikasi Rusia , Roskomnadzor, mengumumkan bahwa otoritas telah merilis kasus sipil terhadap Google . Kasus tersebut bakal menjatuhi hukuman denda kepada Google hingga 700 rubel atau sekira Rp 150 juta.

baca juga: Ubah Tampilan, Google Maps iOS Dapat Fitur Dark Mode

Denda dijatuhkan karena Google dinilai tidak menghubungkan ke basis data dari situs yang dilarang di Rusia . Denda sebesar itu jauh lebih rendah dibanding  denda dari Uni Eropa kepada Google sebesar 5 miliar dolar AS atau Rp 72,4 triliun.

Sejak lima tahun terakhir, pemerintah Rusia telah menerbitkan undang-undang yang mengatur pengawasan aktivitas di dunia maya secara ketat yang mengharuskan mesin pencari seperti Google untuk menghapus beberapa situs pencarian, layanan pesan online untuk mencari data enkripsi yang terintegrasi melalui sistem keamanan, dan jaringan sosial untuk menyimpan data pribadi melalui jaringan server di dalam negeri.

baca juga: Bertemu di Jenewa, Begini Pembicaraan Biden-Putin

Saat ini, pengawasan yang dilakukan Rusia untuk menjaga keamanan di dunia internet melalui pemberian sanksi denda hingga ribuan dollar, melakukan pemblokiran layanan online bagi perusahaan teknologi yang terbukti melakukan pelanggaran, meski opsi ini masih terkendala urusan teknis.

Sumber: suara.com

baca juga: Layanan Google Photos Gratis Unlimited Dihapus

Penulis: Rezka Delpiera