Seluruh Legislator Kota Payakumbuh Kunker, Pengamat: DPRD Harus Terbuka

Ilustrasi gedung DPRD Payakumbuh
Ilustrasi gedung DPRD Payakumbuh (Net)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Kunjungan komisi yang dilakukan seluruh anggota DPRD Kota Payakumbuh ke Jawa Timur dan Jawa Barat mendapat sorotan publik.

Tidak sedikit yang menghubung-hubungkan kunjungan tersebut dengan semakin dekatnya agenda pesta demokrasi, yaitu Pemilu yang akan dilangsungkan pada April 2018 nanti.

baca juga: Pastikan Warga Taati Protokol Kesehatan di Hari Idul Adha, Satpol PP Payakumbuh Akan Berpatroli

Pengamat kebijakan publik dari Unand, Asrialdi menilai, anggapan demikian pun wajar, sebab selama ini kunjungan kerja yang dilakukan oleh DPRD tidak memberikan efek signifikan terhadap pembangunan daerah setempat.

Ia menyebutkan, harusnya DPRD selaku lembaga legislatif harus terbuka demi menepis anggapan miring yang timbul di tengah masyarakat.

baca juga: Sempat Ditegur Sekda, Parkir Kendaraan di Balai Kota Payakumbuh Mulai Rapi

Keterbukaan itu perlu dilakukan dan akan lengkap jika DPRD mau merinci kegiatan yang dilakukan selama kunker , jumlah anggota yang berangkat, anggaran yang dihabiskan dan efeknya terhadap daerah.

"Selama ini publik menjadi bertanya-tanya karena tidak ada keterbukaan terkait hasil kunjungan yang dilakukan tersebut. Karena itu, setelah kunjungan mereka harus melaporkan hasil kunker tersebut, hal itu bisa dilakukan melalui media masa," katanya pada KLIKPOSITIF .

baca juga: Termasuk Elly Kasim, Ibu-ibu Indo Jalito Peduli Berkurban di Payakumbuh

Menurut Asrinaldi, jika hal itu dilakukan maka tidak akan ada lagi masyarakat yang bertanya-tanya ataupun memberikan tanggapan miring.

Ia menambahkan, kunjungan kerja ke luar daerah yang dilakukan oleh DPRD tidak salah, karena memang hal itu telah diatur. Namun ugensinya juga perlu diperhatikan.

baca juga: Pemko Payakumbuh tak Fasilitasi Salat Idul Adha, Pelaksanaan di Masjid dan Lapangan Diizinkan

Baca Juga:  Seluruh Komisi DPRD Kota Payakumbuh Lakukan Kunjungan Komisi ke Jabar dan Jatim

"Yang perlu digaris bawahi, kunjungan kerja itu tidak tidak ada larangannya sepanjang memperhatikan urgensinya dan juga kondisi keungan daerah setempat," tutur dia.

Sebelumnya diberitakan seluruh anggota DPRD Kota Payakumbuh yang terdiri dari tiga komisi melakukan kunjungan komisi ke Jawa Timur dan Jawa Barat.
Semua wakil rakyat tersebut bertolak dari Kota Batiah, Senin (3/12) sampai dengan Jumat (7/12) nanti.

Dalam kunjungannya, anggota DPRD akan berkunjung ke tujuh kabupaten kota di dua provinsi itu. Komisi A yang diketuai Maharnias Zul akan berkunjung ke Kota Bogor dan Sukabumi di Provinsi Jawa Barat.

Di Kota Bogor mereka akan berkunjung ke kantor DPRD Kota Bogor. Selanjut Komisi A akan mengunjungi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Bogor.

[Taufik Hidayat Kampai]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa