Investor Jepang Berkunjung ke Kantor Gubernur Sumbar, Ini Tujuannya...

Wagub Sumbar Nasrul Abit saat terima kunjungan investor dari Jepang
Wagub Sumbar Nasrul Abit saat terima kunjungan investor dari Jepang (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Sejumlah investor Jepang berkunjung ke Kantor Gubernur Sumbar , Selasa 4 Desember 2018.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menyebut, investor yang datang tersebut berasal dari perusahaan pembangkit listrik di daerah Kyushu, Jepang. Menurutnya para investor ini tertarik ingin membeli cangkang sawit yang ada di Sumbar .

baca juga: DPRD Sumbar Minta Pemprov Buat Aturan Khusus Terkait Pelaksanaan MTQ Saat Pandemi

"Jadi kedatangan mereka ini ingin membeli cangkang sawit di Sumbar . Kita tentu menyambut baik ada investasi masuk," ujar Nasrul Abit.

Dijelaskannya, kebutuhan investor akan cangkang sawit dari Sumbar cukup besar, mencapai 900 ribu ton pertahun. Bahkan mereka sanggup membeli dengan harga 850 US dolar perton sampai barang di kapal.

baca juga: Puluhan Pengendara Masih Melanggar Saat Operasi Zebra, Ini Imbauan Polres Tanah Datar

"Untuk itu kami akan inventarisir berapa ketersediaan cangkang yang ada. Sebab sepengetahuan saya Inkasi Raya juga sudah memanfaatkan cangkang ini," ungkap Wagub.

Salah seorang calon investor Masakatsu Terazaki dari perusahaan Kyuden Mirai Energy menyampaikan kedatangan delegasi dari Jepang ke Sumbar menindaklanjuti informasi yang terima perusahaan dari Gubernur Sumbar pada event misi investasi di Australia beberapa waktu yang lalu.

baca juga: Satgas Bencana BUMN Sumbar Salurkan Puluhan Ribu Masker untuk Masyarakat

"Dari informasi itu, tak hanya soal cangkang sawit, Pemprov Sumbar membuka kran investasi di bidang energi baru terbarukan," katanya.

Kyuden Mirai Energy bersama Awina Sinergi International juga berminat investasi untuk meningkatkan rasio elektrifikasi yang saat ini 74 persen dengan energi terbarukan antara lain dengan biomass, surya dan hidro.

baca juga: Usung Program Kerakyatan, Masyarakat Pasar Gadang Pancung Soal Pessel Dukung Fakhrizal-Genius Umar Pimpin Sumbar

"Kami dalam hal ini Kyuden bersama Awina berharap bisa mengembangkan energi terbarukan di Sumbar ," ujarnya.

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Iwan R