Belasan Perusahaan Ramaikan Job Fair di Pasaman Barat

Bupati Pasbar Syahiran saat pembukaan Job Fair
Bupati Pasbar Syahiran saat pembukaan Job Fair (Ist)

PASAMAN BARAT , KLIKPOSITIF -- Sejumlah Perusahaan yang ada di Kabupaten Pasaman Barat -Sumbar ikut ramaikan Pameran Bursa Kerja ( Job Fair ) yang digelar di Halaman Kantor Bupati Pasaman Barat , Selasa 4 November 2018.

Pameran bursa kerja ini dibuka secara resmi oleh Bupati Pasaman Barat , Syahiran. Pameran digelar selama dua hari, yang dimulai pada hari Selasa hingga Rabu 5 November 2018.

baca juga: Libur Lebaran, Seluruh Objek Wisata di Pasaman Barat Tutup

"Pameran bursa kerja ini diadakan, upaya dari pemerintah daerah dalam rangka mengurangi angka pengangguran," kata Bupati Syahiran.

Menurut data Dinas Tenaga Kerja pada Tahun 2018, tercatat sebanyak 1.148 orang angka pencari kerja. Angka pencari kerja itu tergolong sangat tinggi. Jika berkaca pada pendaftaran CPNS 2018 untuk Kabupaten Pasaman Barat , jumlah peserta mencapai 5000 orang.

baca juga: Arak Obor dengan Jalan Kaki, Warga Nagari Kapa Pasbar Takbiran Sambutan Lebaran

Untuk itu pemerintah berupaya melakukan pengentasan pengangguran tersebut dengan melibatkan perusahaan-perusahan yang ada di Pasaman Barat .

Ada sebanyak 14 perusahaan yang membuka lapangan kerja, yakni PT Gunung Sawit Abadi, PT Agro Wira Ligatsa, PT Bintara Tani Nusantara, PT Toyota Intercom, PT Toyota Auto 2000, SMS Multifinance, Mandala Finance, BAF Finance, FIF Finance, Dealer Honda Gajah Motor, Dealer Datsun, Rumah Sakit Yarsi Simpang Empat dan Mulia Printing.

baca juga: Ringankan Beban Warga di Tengah Pandemi Corona, PT SBS Bagikan 314 Paket Sembako

Namun yang menjadi kendala terkadang adalah keahlian pencari kerja yang belum memenuhi kriteria perusahaan. Untuk mengatasi hal itu, Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat membangun Balai Latihan Kerja di Kecamatan Luhak Nan Duo," katanya.

Namun Balai Latihan Kerja (BLK) yang dibangun baru rampung sekitar 90 persen dan akan beroperasi 2019 mendatang. BLK merupakan salah satu harapan dalam menangani persoalan peningkatan keahlian tenaga kerja.

baca juga: 31 Warga Pasbar Positif Corona, 1 Diantaranya Meninggal Dunia

"InshaAllah tahun 2019 mendatang akan mulai dibuka dalam rangka meningkatkan keahlian masyarakat dalam berbagai bidang," tutup Syahiran.

[Irfan Sampono]

Penulis: Rezka Delpiera