Festival 'Nusantara Marandang' Pecahkan Rekor MURI

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno didampingi Ketua Dekranasda Sumbar Ny Nevi Zuairina serta Ketua BKOW Sumbar Ny Wartawati Nasrul Abit dan stakholder terkait saat pembukaan 'Nusantara Marandang', Minggu (2/12) di Pelataran Parkir Senayan, Jakarta
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno didampingi Ketua Dekranasda Sumbar Ny Nevi Zuairina serta Ketua BKOW Sumbar Ny Wartawati Nasrul Abit dan stakholder terkait saat pembukaan 'Nusantara Marandang', Minggu (2/12) di Pelataran Parkir Senayan, Jakarta (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIFKelezatan randang dari Sumatra Barat ( Sumbar ) telah dikenal dunia. Apalagi, randang dinobatkan menjadi makanan terlezat dunia. Keberadaan kuliner khas Minangkabau yang telah ada berabad-abad yang lalu ini sangat erat kaitannya dengan adat dan budaya Minangkabau. Maka, untuk itu lebih mengenalkan promosi randang ke penjuru dunia, Minggu (2/12) di Pelataran Parkir Senayan, Jakarta telah diadakan festival 'Nusantara Marandang'.

"Festival Nusantara Marandang sangat efektif untuk promosi keunggulan kuliner randang. Untuk itu, promosi kelezatan randang menjadi pintu untuk promosi pariwisata Sumbar ," ujar Gubernur Sumbar , Irwan Prayitno saat membuka kegiatan tersebut.

baca juga: Gubernur Sebut Jumlah Penganggur Terbuka Sumbar Menurun

Disebutkannya, randang merupakan aset Sumbar . Dan, juga Indonesia. Maka, agar randang ini lebih dikenal luas. Perlunya promosi seheboh-hebohnya. 

"Jadi festival Nusantara Marandang ini diikuti seluruh provinsi sehingga dapat ikut serta untuk membuat randang. Bisa jadi, orang Papua, Sulawesi, Aceh atau daerah lain di Indonesia bisa ikut serta dalam kegiatan ini," ulasnya.

baca juga: Pemkab Pessel Apresiasi Kiprah PKPS untuk Daerah

Ditambahkannya, dengan promosi ini, Irwan percaya jumlah kunjungan wisatawan ke Sumbar akan terus meningkat.

"Wisatawan meningkat. Tentunya, nanti mereka akan membawa randang sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang," katanya.

baca juga: Gubernur Sumbar Khawatir Angka Stunting Meningkat Selama Pandemi Covid-19

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar , Nasrul Abit menambahkan, Nusatara Marandang telah memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Tentunya ini suatu kebanggaan bagi Sumbar . Apalagi, akan lebih mengenalkan Sumbar dikancah nasional maupun internasional. 

Dari 34 provinsi yang diundang, 33 provinsi mengirimkan peserta untuk memasak kreasi randang sehingga berhasil memecahkan rekor MURI. Hasil Lomba Nusantara Marandang 2018, juara pertama diraih oleh provinsi Nusa Tenggara Barat, Juara kedua oleh provinsi Jawa Barat dan Juara ketiga oleh provinsi Maluku. Sementara juara favorit I oleh provinsi Banten, juara favorit II dari provinsi Kalimantan Tengah dan juara favorit III dari provinsi Riau. 

baca juga: Arab Saudi Berencana Bangun Masjid di Payakumbuh, Biayanya Mencapai 290 Miliar

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Webtorial