Dinkes Pasaman Imbau Masyarakat Cerdas Memilih Pabukoan

Makanan Pabukoan
Makanan Pabukoan (KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF - Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman mengimbau masyarakat agar menjadi konsumen cerdas dalam memilih Pabukoan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman , Desrizal mengatakan pihaknya akan tetap mengingatkan masyarakat agar hati-hati dalam memilihnya.

baca juga: Pembentukan dan Pengelolaan Desa Wisata di Pasaman Sebagai Pengembangan Ekonomi Kerakyatan

"Harus jeli dan jangan tergiur dengan makanan yang warnanya mencolok. Hal ini dikhawatirkan bercampur dengan zat berbahaya yang bisa merusak kesehatan,"sebutnya.

Makanan yang perlu diwaspadai bagi pembeli yakni makanan yang mengandung boraks, formalin dan rodamin. "Makanan yang dicampur boraks biasanya pada gorengan, bakso, kerupuk sehingga menjadi lebih renyah dan tahan lama," katanya, Kamis 9 Juni 2016.

baca juga: Segmen Sianok Cukup Aktif, BMKG Ingatkan Potensi Gempa Kuat di Sumbar

Rodamin merupakan pewarna tekstil yang dicampurkan pada makanan seperti cendol, kolang kaling sehingga warnanya terlihat merah mencolok. "Sedangkan formalin digunakan sebagai pengawet pada tahu dan mie instan agar makanan bertahan lama," ujarnya.

Mengantisipasi hal ini, Dinkes Pasaman setiap tahunnya selalu melakukan pelatihan dan penyuluhan kepada pedagang agar dapat memproduksi makanan yang aman dan higienis dikonsumsi.

baca juga: Selundupkan Puluhan Paket Ganja Kering, Warga Sumatera Selatan Diringkus Polisi di Pasaman

"Kita mengimbau pedagang agar tidak mencampurkan zat berbahaya pada makanan karena akan membahayakan konsumen. "Pastikan makanan yang dijual bersih, higienis dan tidak dicampur zat berbahaya," ajaknya.

Menurutnya, momentum ini jangan dijadikan oleh para pedagang sebagai kesempatan untuk berbuat curang terhadap konsumen.

[Man St Pambangun]

baca juga: New Normal, Wartawan di Pasaman Bagikan Ribuan Masker

Penulis: Fitria Marlina