Bupati Hendrajoni Datangi Lokasi Penemuan Kayu Tak Bertuan di Kambang Utara

Bupati Hendrajoni di lokasi penemuan kayu tak bertuan
Bupati Hendrajoni di lokasi penemuan kayu tak bertuan (Kiki/KLIKPOSITIF)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Bupati Pesisir Selatan , Hendrajoni mendatangi lokasi penemuan kayu tidak bertuan di sekitar Hulu Sungai, Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan -Sumatera Barat, Kamis 13 Desember 2018.

"Saya beberapa hari terus memantau, dan turun untuk melihatnya. Karena penemuan ini sangat luar biasa dan mesti jadi perhatian kita," kata Bupati Hendrajoni saat di lokasi.

baca juga: Nagari Sungai Pinang di Kawasan Mandeh Akan Dikembangkan Sebagai Kampung Bahari Nusantara

Dia mengatakan, aktivitas illegal logging merupakan suatu tindakan yang dapat merusak kelestarian hutan. Sebab, selain terjadi penggudulan juga menimbulkan
dampak buruk terhadap ekositem alam.

"Kalau hutan semua sudah gundul. Tentu, penyerapan air tidak ada lagi. Hingganya terjadi banjir dan masyarakat banyak yang merasakan dampaknya," Hendrajoni.

baca juga: Dianugerahi KI Sumbar sebagai Achievement Motivation Person 2021, Ini Kata Kadis Kominfo Pessel

Dia menjelaskan, untuk sementara hasil temuan kayu tersebut diamankan di bawah kewenangan Pemerintah Daerah. Sebab, dalam temuan tersebut pihaknya belum mengetahui siapa pemilik.

"Karena orangnya tidak ada, kabur. Sekarang kita amankan di kantor bupati. Itu sesuai koordinasi Pemda dan TNKS," terangnya.

baca juga: Pemkab Pessel Apresiasi Kiprah PKPS untuk Daerah

Hendrajoni berharap, langkah penindakan ini harus mendapat dukungan dari banyak pihak. Sebab, tanpa ada kesadaran bersama kejahatan terhadap hutan tidak bisa terhenti.

"Semua pihak termasuk masyarakat mari kita jaga kelestarian hutan kita. Jika ada aktivitas berkaitan kuat dengan illegal logging atau kayu yang tidak jelas asal laporkan ke kami," pungkasnya.

baca juga: Pemkab Pessel Usulkan Pembangunan Jalan Poros di KTM Lunang Silaut Melalui Dana TP Pusat

(Kiki Julnasri)

Penulis: Rezka Delpiera