Direktur Uji Kompetensi: Wartawan Indonesia Berkompetensi Baru 10 Persen

Foto bersama peserta  UKW angkatan ke 11 dengan panitia, penguji dan PWI Sumbar
Foto bersama peserta UKW angkatan ke 11 dengan panitia, penguji dan PWI Sumbar (KLIKPOSITIF/ Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Sebanyak 28 orang peserta uji kompetensi wartawan (UKW) angkatan ke XI Sumatera Barat dinyatakan lulus dan dinyatakan kompeten oleh tim penguji. Dari 42 peserta, 2 orang tidak hadir dari awal dan 12 orang gagal.

UKW angkatan ke 11 diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat (Sumbar) bekerja sama dengan Biro Humas Sumbar untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas wartawan .

baca juga: Liput Pendaftaran Balon Kepala Daerah, Puluhan Wartawan di Agam Diswab

Lulusnya 28 orang dari angkatan ke 11 PWI Sumbar itu menjadikan total 10.271 orang yang telah berkompeten di seluruh Indonesia. Namun angka itu sangat kecil sekali, hanya sekitar 10 persen dari 150 ribu wartawan yang ada di Indonesia.

Hasil UKW diumumkan langsung oleh Direktur Penguji UKW Pusat Rajab Ritonga dihadapan peserta saat penutupan kegiatan, Kamis, 13 Desember 2018 di Padang.

baca juga: Tak Cukup 10 Menit Ditinggal, Motor Wartawan di Padang Digasak Maling

"Kelulusan 28 orang ini akan terus menambah jumlah wartawan yang telah kompeten di Indonesia," ujarnya.

Ia mengatakan, dengan menjadi wartawan yang berkompeten akan menjelaskan legalitas sebagai wartawan . Sebab, dengan tercatat sebagai wartawan kompeten para narasumber juga akan lebih terbuka untuk memberikan informasinya.

baca juga: Alhamdulillah Hasil Swab Seluruh Karyawan PadangTV Negatif COVID-19

Wartawan kompeten ini akan lebih dipercaya narasumber karena, memiliki legalitas yang jelas,” tuturnya.

Rajab juga mengapresiasi adanya kerjasama yang dilakukan Pemprov Sumbar dengan PWI yang mengadakan uji kompetensi bagi wartawan di Sumbar. Sehingga, adanya kompetensi wartawan ini akan dapat menjadi rujukan guna memperbanyak wartawan yang berkompeten di Indonesia yang angkanya masih jauh dari harapan.

baca juga: PWI Tanah Datar Jalin Kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan

“Kami dari PWI Pusat sangat apresiasi adanya UKW dengan kerjasama dari Pemprov dan PWI setempat. Maka, ini akan menambah wartawan yang berkompeten di bidangnya. Kami berharap kegiatan ini menular ke kabupaten dan kota di Sumbar” katanya.

Kepala Biro Humas Sumbar Jasman menjelaskan, UKW ini juga merupakan salah satu bentuk syarat jika media ingin bekerjasama dengan Pemprov Sumbar sesuai dengan Peraturan Gubernur No 30 Tahun 2018. Salah satu poinnya adalah wartawan yang meliput di kantor gubernur minimal berkompetensi muda.

"Kemudian media juga tervertifikasi dewan pers, pimpinan redaksi media itu mesti wartawan utama dan wartawan yang ditempatkan pada Media Center Biro Humas minimal wartawan muda yang dibuktikan dengan sertifikasi," jelasnya.

Ketua PWI Sumbar, Heranof Firdaus berharap langkah Biro Humas Sumbar dilanjutkan kabupaten dan kota untuk menfasilitasi wartawan yang ada di daerah masing-masing untuk dapat mengikuti UKW. Sebab, selama ini wartawan yang ada di daerah untuk ikut UKW saja mesti harus ke Padang.

"Maka untuk itu, daerah mesti lakukan hal yang serupa seperti yang dilakukan Pemprov Sumbar," ujarnya

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Fitria Marlina